Struktur Cerita dan Nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam cerita Saridin versi kethoprak

This item was filled under [ Pendidikan Bahasa Indonesia ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia: Struktur Cerita dan Nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam cerita Saridin versi kethoprak

Muflikhah (2006).Skripsi Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang.

Cerita Saridin dalam versi kethoprak mempunyai peran yang sangat penting bagi generasi muda dalam pembinaan nilai-nilai pendidikan, hal ini menunjukkan bahwa hampir semua ajaran moral, keagamaan, dan ekspresi kesenian terdapat dalam kethoprak lakon Saridin.

Dengan melihat latar belakang yang telah dikemukakan, rumusan masalah pada penelitin ini adalah bagaimana struktur cerita Saridin versi kethoprak, nilai–nilai pendidikan apa saja yang terdapat dalam cerita Saridin versi kethoprak, Tujuan penelitian ini dapat mengetahui struktur cerita Saridin versi kethoprak, dapat mengetahui dan memahami nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam cerita Saridin versi kethorak. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pembaca yaitu dapat menambah wawasan dan mengetahui lebih lanjut mengenai cerita Saridin dalam versi kethoprak dan menambah khasanah dalam bidang ilmu sastra serta dapat meningkatkan budi pekerti siswa.
Metode penelitian ini menggunakan metode struktural dengan pendekatan objektif, data berupa teks kethoprak dan sumber data berupa kaset CD penelitian ini dianalisis dengan pendekatan objektif teori strukturalisme Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cerita Saridin dalam versi kethoprak menggunakan struktur cerita yang meliputi alur, penokohan atau karakter tokoh, setting atau latar, dan tema. Dari struktur cerita tersebut sehingga dapat diketahui adanya nilai-nilai pendidikan diantaranya nilai pendidikan ketuhanan, nilai pendidikan budi pekerti/kesusilaan, nilai pendidikan sosial kemasyarakatan, dan nilai moral.
Berdasarkan hasil penelitian ini penulis menyarankan agar cerita Saridin dalam kethoprak ini dikembangkan atau dapat dijadikan sebuah buku cerita. Dan supaya dapat digunakan sebagai bahan ajar di SLTP khususnya pembelajaran apresiasi sastra.

Download

Struktur Cerita dan Nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam cerita Saridin versi kethoprak, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets