Struktur dan Fungsi Mitos Cerita Pangeran Samudra di Gunung Kemukus

This item was filled under [ bahasa dan seni ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia : Struktur dan Fungsi Mitos Cerita Pangeran Samudra di Gunung Kemukus

Muchsan, Ali. 2006. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang.

Mitos cerita Pangeran Samudra merupakan cerita rakyat yang hidup dan berkembang di wilayah Kabupaten Sragen dan sekitarnya dalam bentuk lisan. Cerita Pangeran Samudra merupakan cerita lisan yang cara penyebarannya dengan menggunakan sarana lisan. Karena proses penyebarannya secara lisan, maka tidak menutup kemungkinan akan adanya suatu perbedaan pandangan dan versi cerita dari tiap-tiap daerah. Perbedaan-perbedaan yang muncul diantaranya pada struktur cerita atau pada hal yang mereka mitoskan, sehingga menjadikan mitos cerita ini perlu dan menarik untuk diteliti.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah struktur mitos cerita Pangeran Samudra yang ada di Gunung Kemukus, Kabupaten Sragen, (2) apa fungsi mitos cerita Pangeran Samudra yang ada di Gunung Kemukus, Kabupaten Sragen.
Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan struktur mitos cerita Pangeran Samudra yang ada di Gunung Kemukus, Kabupaten Sragen (2) mengetahui fungsi mitos cerita Pangeran Samudra yang ada di Gunung Kemukus, Kabupaten Sragen.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan struktural model Levi-Strauss. Data penelitian ini adalah cerita lisan Pangeran Samudra yang didapat dari hasil wawancara dengan beberapa responden.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa struktur mitos cerita Pangeran Samudra dibangun atas oposisi tokoh, yaitu Pangeran Samudra dengan Dewi Ontrowulan, yang diawali dengan membuat unit-unit naratif, kemudian dibagi ke dalam episode-episode untuk menemukan persamaan dan perbedaan ceriteme dan juga oposisinya. Unit-unit naratif dari berbagai versi direkonstruksi menjadi satu hingga menghasilkan duabelas unit naratif. Fungsi mitos cerita Pangeran Samudra dikaji dengan menggunakan teori fungsi Van Peursen dan menghasilkan fungsi yang terdiri dari 1) mitos cerita Pangeran Samudra mempunyai kekuatan-kekuatan ajaib, dibuktikan dengan dipatuhinya pepali yang diberikan oleh Pangeran Samudra, 2) dapat memberikan jaminan hidup dimasa kini, dibuktikan dengan banyaknya masyarakat dalam melakukan laku spiritual seperti yang dilakukan oleh Raden Ayu Ontrowulan, dan 3) memberi pengetahuan tentang dunia, yang ditandai dengan peristiwa awal mula tumbuhnya pohon Nagasari.
Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk melestarikan kekayaan budaya nusantara, khususnya cerita rakyat, serta bermanfaat untuk mengembangkan sektor pariwisata di Kabupaten Sragen, sehingga dapat meningkatkan dan menambah pendapatan daerah Kabupaten Sragen.

Download

Struktur dan Fungsi Mitos Cerita Pangeran Samudra di Gunung Kemukus, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets