Studi Analisa terhadap Proses Penyusunan Surat Dakwaan di Kejaksaan Negeri Rembang

This item was filled under [ hukum dan kwarganegaraan ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (112 votes cast)

Skripsi jurusan Hukum dan Kwarganegaraan: Studi Analisa terhadap Proses Penyusunan Surat Dakwaan di Kejaksaan Negeri Rembang

Ripkah Sri Wahyuningsih. 2005. Skripsi Hukum dan Kwarganegaraan, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Surat dakwaan merupakan mahkota persidangan yang harus dijaga dandipertahankan secara mantap oleh penuntut umum. Surat dakwaan merupakan dasarbagi hakim untuk melakukan pemeriksaan di sidang pengadilan dan menjadi dasarpertimbangan bagi hakim dalam bermusyawarah untuk mengambil putusan.

Mengingat bahwa peranan surat dakwaan menempati posisi sentral dalampemeriksaan perkara pidana di pengadilan dan sekaligus membatasi ruang lingkuppemeriksaan, maka dituntut adanya kemampuan, kemahiran dan kejelian penuntutumum dalam menyusun surat dakwaan supaya tindak pidana yang dilakukanterdakwa dapat dijerat dengan pasal-pasal KUHP agar terdakwa dapat dijatuhi pidanasesuai dengan tindak pidana yang dilakukan. Kesalahan dalam penyusunan suratdakwaan dapat menimbulkan perkara yang diputus bebas atau lepas dari segalatuntutan hukum. Dan pada sisi lain membawa konsekuensi berupa timbulnyaberbagai kendala dalam upaya pembuktian dakwaan.

Pokok permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Apakahfaktor pendukung penyusunan surat dakwaan?; (2) Apakah faktor penghambatpenyusunan surat dakwaan?; (3) Apakah dampak dari kesalahan penyusunan suratdakwaan dan strategi apa yang dilakukan penuntut umum dalam meminimalisirkesalahan penyusunan surat dakwaan? Penelitian ini bertujuan: (1) Untukmengetahui faktor pendukung penyusunan surat dakwaan; (2) Untuk mengetahuifaktor penghambat penyusunan surat dakwaan; (3) Untuk mengetahui dampak darikesalahan penyusunan surat dakwaan dan strategi yang dilakukan penuntut umumdalam meminimalisir kesalahan penyusunan surat dakwaan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif,yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisandari orang-orang dan pelaku yang diamati. Penelitian ini memberi pemaparangambaran mengenai situasi yang diteliti dalam bentuk narasi. Peelitian ini berlokasidi Kejaksaan Negeri Rembang dan yang menjadi objek penelitian adalah suratdakwaan. Fokus penelitian ini adalah: (1) Faktor pendukung penyusunan suratdakwaan; (2) Faktor penghambat penyusunan surat dakwaan; (3) Dampak kesalahanpenyusunan surat dakwaan dan strategi penuntut umum dalam meminimalisirkesalahan penyusunan surat dakwaan. Sumber data diperoleh dari empat orang JaksaPenuntut Umum sebagai responden, seorang penyidik, dua orang hakim dan duaorang pengacara sebagai informan. Alat dan teknik pengumpulan data diperoleh dari:(1) Wawancara kepada responden dan informan untuk memperoleh data daninformasi tentang faktor pendukung penyusunan surat dakwaan, faktor penghambatpenyusunan surat dakwaan, dampak kesalahan penyusunan surat dakwaan danstrategi penuntut umum dalam penyusunan surat dakwaan; (2) Observasi kegiatanpenyusunan surat dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum; (3) Dokumentasi untukmendapatkan data tentang proses penyusunan surat dakwaan. Objektivitas dankeabsahan data menggunakan teknik triangulasi dengan menggunakan perbandingan:(1) Membandingkan data hasil pengamatan dengan data wawancara;(2) Membandingkan hasil wawancara dengan isi suatu dokumen yang berkaitan.

Analisis data berlangsung secara interaktif, dimana pada setiap tahapan kegiatantidak berjalan sendiri-sendiri, analisis data melalui kegiatan pengumpulan data,reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pendukung surat dakwaan adalahkelengkapan Berkas Perkara baik formil maupun materiil dan profesionalisme ataukemampuan yuridis seorang Jaksa itu sendiri terhadap kasus posisi perkara. Faktorpenghambat penyusunan surat dakwaan adalah kurang lengkapnya Berkas Perkara,tidak profesionalnya penyidik dalam melakukan penyidikan dan kurangprofesionalnya Jaksa Penuntut Umum dalam tahapan prapenuntutan. Dampakkesalahan penyusunan surat dakwaan adalah dakwaan kabur atau batal demi hukum,ketidakberhasilan jalannya pembuktian perkara dan bebasnya terdakwa. StrategiJaksa Penuntut Umum dalam meminimalisir kesalahan penyusunan surat dakwaanadalah dengan meningkatkan koordinasi dengan penyidik, menguasai Berkas Perkaradengan mengerahkan kemampuan maksimal dalam menyusun surat dakwaan dengancermat, jelas dan singkat dalam memformulasikan bentuk surat dakwaan serta dalampelaksanaan persidangan. Surat dakwaan terdiri dari identitas terdakwa, uraianperbuatan, tanggal pembuatan surat dakwaan dan tanda tangan Jaksa PenuntutUmum pembuat surat dakwaan.

Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa dalampenyusunan surat dakwaan sangat ditentukan oleh kelengkapan Berkas Perkara,profesionalisme penyidik dalam tahap penyidikan dan profesionalisme JaksaPenuntut Umum dalam tahapan prapenuntutan serta dalam penguasaan atas BerkasPerkara, karena apabila terdapat kesalahan terhadap penyusunan surat dakwaan akandapat menimbulkan dakwaan kabur atau batal demi hukum yang akan menjadikesulitan dalam pembuktian di persidangan dan dapat menyebabkan bebasnyaterdakwa. Oleh karena itu, Jaksa Penuntut Umum menyusun strategi untukmeminimalisir kesalahan penyusunan surat dakwaan, yaitu dengan meningkatkankoordinasi dengan penyidik dan penguasaan Berkas Perkara supaya dapatmengerahkan kemampuan maksimal Jaksa Penuntut Umum dalam menyusun suratdakwaan dan dalam memformulasikan bentuk surat dakwaan.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para mahasiswa, dosenmaupun penegak hukum, terutama Jaksa Penuntut Umum. Manfaat ini antara lain:(1) Menjadi sumber ilmu hukum, terutama dalam bidang hukum acara pidanamengenai penuntutan, khususnya penyusunan surat dakwaan; (2) Dapat menjadisumbangan pemikiran untuk dijadikan arah penelitian yang lebih lanjut pada masayang akan datang; dan (3) Dapat menjadi pedoman bagi para Jaksa Penuntut Umumuntuk perbaikan dalam penyusunan surat dakwaan.

Download

Studi Analisa terhadap Proses Penyusunan Surat Dakwaan di Kejaksaan Negeri Rembang, 4.8 out of 5 based on 112 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets