Studi Deskriptif Pemahaman Konselor Tentang Layanan Konsultasi Bimbingan dan Konseling Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Sub Rayon 03 Kota Semarang Tahun Pelajaran 2008/2009

This item was filled under [ Bimbingan Konseling ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (20 votes cast)

skripsi jurusan Bimbingan dan Konseling: “Studi Deskriptif Pemahaman Konselor Tentang Layanan Konsultasi Bimbingan dan Konseling Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Sub Rayon 03 Kota Semarang Tahun Pelajaran 2008/2009”

Margiyani, Wahyu. 2009. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.

Kegiatan Bimbingan dan Konseling di sekolah mengacu pada BK Pola-17 Plus yang salah satunya yaitu konselor melakukan pelayanan tentang layanan konsultasi. Fenomena yang terjadi di lapangan saat ini adalah persepsi yang salah dari konselor tentang pengertian layanan konsultasi, diantaranya layanan konsultasi dianggap sama dengan layanan konseling perorangan, mengundang orang tua siswa untuk berkonsultasi dengan konselor, masalah yang di bahas adalah masalah yang layak dibahas untuk konseling perorangan, mempertemukan konsulti dengan konseli dan konselor untuk membahas masalah bersama. Fakta yang diperoleh bahwa terhentinya pertemuan MGP di Sub Rayon 03, kurangnya informasi yang didapat konselor tentang pelayanan BK, dan munculnya sikap apatis konselor. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pemahaman konselor tentang layanan konsultasi BK pada SMPN Sub Rayon 03 Kota Semarang Tahun Pelajaran 2008/2009. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pemahaman konselor tentang layanan konsultasi BK pada SMPN Sub Rayon 03 Kota Semarang.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh konselor SMP Negeri di Sub Rayon 03 Kota Semarang, yaitu sebanyak 24 konselor dari tujuh SMPN. Pengambilan data dengan menggunakan angket. Perhitungan validitas dengan rumus korelasi Product Moment dan untuk perhitungan reliabilitas dengan rumus Alpha. Angket penelitian dianalisis dengan menggunakan perhitungan analisis deskriptif prosentase. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa secara keseluruhan pemahaman konselor tentang layanan konsultasi termasuk dalam kriteria rendah yaitu dengan prosentase hasil 55,79%.
Hal ini menunjukkan bahwa konselor belum memahami dengan baik prosedur operasionalisasi layanan konsultasi, yang meliputi perencanaan layanan konsultasi, pelaksanaan layanan konsultasi, evaluasi layanan konsultasi, analisis hasil evaluasi layanan konsultasi, dan tindak lanjut layanan konsultasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan kepada konselor sekolah supaya secara mandiri berusaha mengetahui dan mengikuti seminar atau pelatihan-pelatihan BK, kepada jurusan BK agar mengadakan seminar atau pelatihan khususnya pada layanan konsultasi, bagi mahasiswa BK diharapkan memperdalam pengetahuan tentang layanan konsultasi dan dapat melakukan penelitian lanjutan dengan tema layanan konsultasi BK.

Download

Studi Deskriptif Pemahaman Konselor Tentang Layanan Konsultasi Bimbingan dan Konseling Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Sub Rayon 03 Kota Semarang Tahun Pelajaran 2008/2009, 5.0 out of 5 based on 20 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

One Comment on “Studi Deskriptif Pemahaman Konselor Tentang Layanan Konsultasi Bimbingan dan Konseling Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Sub Rayon 03 Kota Semarang Tahun Pelajaran 2008/2009”

  • ulis
    28 March, 2012, 1:12

    saya butuh bantuan…contoh skripsi yang pengolahan datanya menggunakan GAIN SCORE ada ngak..? kalau ada boleh ka…dikirimi…thanx banget atas bantuan.GBU

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets