Studi Deskriptif Tentang Faktor Faktor Kesulitan Belajar Siswa Kelas 3 Program Keahlian Teknik Mekanik Otomotif SMK NU Ma’arif Kudus Tahun Pelajaran 2005/2006

This item was filled under [ Teknik Mesin ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan pendidikan teknik mesin: Studi Deskriptif Tentang Faktor Faktor Kesulitan Belajar Siswa Kelas 3 Program Keahlian Teknik Mekanik Otomotif SMK NU Ma’arif Kudus Tahun Pelajaran 2005/2006

Ahmad Aenur Rofiq, 2006. Skripsi teknik mesin, Fakultas teknik, Universitas Negeri Semarang.

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah adanya kesulitan belajar yang dialami siswa kelas 3 program keahlian Teknik Mekanik Otomotif SMK NU Ma’arif Kudus tahun pelajaran 2005/2006 pada kompetensi Pemeliharaan dan Penyetelan Mesin (Engine Tune Up) yang ditunjukkan oleh prestasi belajar yang kurang optimal padahal prestasi masukan yang ditunjukkan pada NEM SLTP nya cukup tinggi.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor kesulitan belajar siswa kelas 3 Program Keahlian Teknik Mekanik Otomotif SMK NU Ma’arif Kudus tahun pelajaran 2005/2006 dan untuk mengetahui berapa besar faktor-faktor kesulitan belajar siswa kelas 3 Program Keahlian Teknik Mekanik Otomotif SMK NU Ma’arif Kudus tahun pelajaran 2005/2006 pada kompetensi Pemeliharaan dan Penyetelan Mesin (Engine Tune Up). Populasi yang digunakan adalah semua siswa kelas 3 Mekanik Otomotif tahun 2005/2006 yang berjumlah 120 siswa dengan sampel sebanyak 90 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan ada 2, yaitu angket isian tertutup dan dokumentasi yang berwujud nilai
rapor siswa.analisis data yang digunakan dalam penelitiana ini adalah deskriptif persentase. Hasil uji coba instrumen dengan 30 siswa dan 30 butir soal menunjukkan bahwa semua soal valid dan reliabilitas 0,73 lebih besar dari rtabel yang berarti soal reliabel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sub variabel minat 82,59% yang berarti tidak menghambat atau siswa tidak mengalami kesulitan dalam belajar, motivasi 77,15%, pengetahuan 77,83%, kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana 70,28% yang berarti cukup menghambat, sedangkan kemampuan orang tua dalam menyediakan sarana dan prasarana penunjang 49,55% yang berarti menghambat atau siswa mengalami kesulitan dalam belajar pada kompetensi Pemeliharaan dan Penyetelan Mesin (Engine Tune Up). Jika dilihat skor keseluruhan adalah 7494 dari seluruh skor ideal 10800 atau 69,38%. Berdasarkan data maka keseluruhan siswa yang menjadi objek penelitian termasuk memiliki faktor kesulitan belajar yang cukup menghambat.
Berdasaarkan hasil tersebut faktor yang dominan menjadi penyebab kesulitan belajar siswa kelas 3 Program Keahlian Teknik Mekanik Otomotif SMK NU Ma’arif Kudus tahun pelajaran 2005/2006 pada kompetensi Pemeliharaan dan Penyetelan Mesin (Engine Tune Up) adalah kurangnya kemampuan orang tua dalam menyediakan sarana dan prasarana penunjang.
Untuk membantu kelancaran belajar siswa maka sebaiknya perlu dukungan dari orang tua supaya siswa semangat dalam belajar dengan cara menyediakan sarana dan prasarana penunjang yang memadai.

Download

Studi Deskriptif Tentang Faktor Faktor Kesulitan Belajar Siswa Kelas 3 Program Keahlian Teknik Mekanik Otomotif SMK NU Ma’arif Kudus Tahun Pelajaran 2005/2006, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets