STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR ANTARA PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DENGAN PENDEKATAN KONVENSIONAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS X SEMESTER GENAP SMA NEGERI I PEJAGOAN KABUPATEN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2006/ 2007

This item was filled under [ sejarah ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi JURUSAN SEJARAH : STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR ANTARA PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DENGAN PENDEKATAN KONVENSIONAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS X SEMESTER GENAP SMA NEGERI I PEJAGOAN KABUPATEN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2006/ 2007

Dhina Ratnafuri , 2006. Skripsi.JURUSAN SEJARAH ,FAKULTAS ILMU SOSIAL ,UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2007

Mata pelajaran sejarah merupakan mata pelajaran yang membicarakan tentang peristiwa-peristiwa yang berkaitan dengan kehidupan manusia pada masa lampau. Guru sejarah dituntut harus dapat menggambarkan secara langsung di depan kelas mengenai fakta sejarah. Oleh karena itu guru perlu mengembangkan cara-cara pendekatan pembelajaran yang dapat membantu siswa mempelajari peristiwa sejarah secara lebih bermakna. Pada pembelajaran dengan menggunakan pendekatan konvensional, pembelajaran sejarah didominasi dengan metode ceramah yang berorientasi pada materi yang ada dalam buku teks, sehingga menimbulkan dampak yang tidak baik pada siswa karena mereka menganggap pelajaran sejarah kurang menarik dan membosankan. Dampaknya, siswa belajar hanya pada saat akan ulangan atau ujian yang akhirnya bermuara pada rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa dalam pelajaran sejarah.

Ada kecenderungan pemikiran bahwa anak-anak belajar lebih baik jika lingkungan diciptakan alamiah, belajar akan lebih bermakna jika anak mengalami apa yang dipelajarinya, bukan mengetahuinya. Pemikiran pembelajaran berubah dari teacher centered menjadi student centered. Guru sedikit menjelaskan materi sedangkan siswa aktif membangun pengetahuannya sendiri. Salah satu alternatif pembelajaran yang menggunakan pemikiran tersebut adalah pendekatan kontekstual atau Contextual Teaching and Learning ( CTL).
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) adakah perbedaan hasil belajar sejarah yang signifikan antara pendekatan kontekstual dengan konvensional pada siswa kelas X semester genap SMA Negeri I Pejagoan Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2006/2007?, (2) hasil belajar manakah yang lebih baik antara yang menggunakan pendekatan kontekstual atau konvensional pada siswa kelas X semester genap SMA Negeri I Pejagoan Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2006/2007?. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar sejarah antara pendekatan kontekstual dengan pendekatan konvensional pada siswa kelas X semester genap SMA Negeri I Pejagoan Kabupaten Kebumen, (2) Mengetahui hasil belajar manakah yang lebih baik antara yang menggunakan pendekatan kontekstual atau pendekatan konvensional pada siswa kelas X semester genap SMA Negeri I Pejagoan Kabupaten Kebumen.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X semester genap SMA Negeri I Pejagoan Kabupeten Kebumen tahun pelajaran 2006/2007 yang terdiri dari 5 kelas dan berjumlah 205 siswa. Pada penelitian ini diambil 2 (dua) kelas sebagai sampel. Satu kelas sebagai kelas kontrol, satu kelas yang lain sebagai kelas eksperimen. Ada 2 (dua) variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu : (1) ixpembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual dengan pendekatan konvensional, (2) hasil belajar siswa berupa nilai tes. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, tes, dan observasi/ pengamatan. Pada analisis hipotesis uji perbedaan dua rata-rata peningkatan hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen menggunakan uji t, diperoleh thitung = 11, 160 dan ttabel = 2, 020 karena thitung > ttabel , maka Ho ditolak. Artinya ada perbedaan rata-rata hasil belajar sejarah siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata postes kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan kontekstual lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan pendekatan konvensional yaitu nilai rata-rata postes dengan pendekatan kontekstual sebesar 6,79 sedangkan dengan pendekatan konvensional diperoleh nilai rata-rata postes sebesar 4,67. Sedangkan berdasarkan hasil pretest, pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata sebesar 5,71 dan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata sebesar 5,46. Berdasarkan hasil observasi keaktifan siswa dengan menggunakan lembar pengamatan, keaktifan siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan pendekatan kontekstual untuk kategori keaktifan tinggi sebesar 50% sedangkan pada kelas kontrol dengan menggunakan pendekatan konvensional sebesar 30 %.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar sejarah antara siswa yang menggunakan pendekatan kontekstual dan siswa yang menggunakan pendekatan konvensional pada siswa kelas X semester genap SMA Negeri I Pejagoan Kabupaten Kebumen tahun ajaran 2006/2007.
Kesimpulan selanjutnya adalah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas X semester genap SMA Negeri I Pejagoan Kabupaten Kebumen tahun ajaran 2006/2007.
Oleh karena itu disarankan agar penerapan pendekatan kontekstual disosialisasikan dan digunakan sebagai alternative dalam pembelajaran sejarah di sekolah. Selain itu agar diadakan penelitian lebih lanjut sebagai pengembangan dari penelitian lain.

Download

STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR ANTARA PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DENGAN PENDEKATAN KONVENSIONAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS X SEMESTER GENAP SMA NEGERI I PEJAGOAN KABUPATEN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2006/ 2007 , 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets