Studi Komparasi Mengkeret Kain Tenun Stretch Setelah Pencucian

This item was filled under [ teknologi jasa dan produksi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan teknologi jasa dan produksi: Studi Komparasi Mengkeret Kain Tenun Stretch Setelah Pencucian

Ida Nur Arifah, 2006, Skripsi teknologi jasa dan produksi, Fakultas teknik, Universitas Negeri Semarang.

Kain tenun banyak yang mengkeret setelah pencucian karena adanya proses relaksasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan mengkeret pada jenis kain tenun stretch setelah pencucian; mengetahahui besarnya perbedaan mengkeret kain tenun stretch konstruksi medium, ½ berat, dan berat setelah pencucian. Manfaat penelitian ini adalah untuk mengenal karakteristik kain tenun stretch setelah pencucian.
Penelitian eksperimen ini melibatkan du variabel yaitu variabel bebas (X) temperatur air dengan variasi 250 C dan 600 C (X1), konstruksi kain stretch dengan variasi medium, setengah berat, dan berat(X2). Variabel Terikat (Y) mengkeret dalam % dengan variasi mengkeret arah pakan (Y1) dan mengkeret arah lusi (Y2). Variabel Kontrol meliputi frekuensi pencucian 5 kali, waktu pencucian (30 menit), air, mesin cuci, sabun cuci bubuk. Data dikumpulkan melalui uji laboratorium. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis non parametric Kruskall Wallis dan Mann Whitney.
Hasil analisis menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada mengkeret kain tenun stretch arah pakan diperoleh nilai Chi Square 22.417 dan lusi diperoleh nilai Chi Square 21.922 dengan masing-masing probabilitas p (0.000<0.05). Besarnya perbedaan dapat ditunjukkan dengan hasil Mann Whitney yaitu pada arah pakan dan lusi terdapat perbedaan yang signifikan. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian, bahwa kain tenun stretch mengkeret setelah pencucian, perbedaan pada konstruksi kain, dan temperatur air menghasilkan mengkeret yang berbeda secara signifikan pada akain tenun stretch. Saran dalam penelitian ini adalah pencucian untuk kain tenun stretch lebih baik menggunakan air dengan suhu dingin, dan bagi peneliti lain dapat meneliti mengkeret kain tenun stretch dengan pencucian manual.

Download

Studi Komparasi Mengkeret Kain Tenun Stretch Setelah Pencucian, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets