Studi Kompetensi Guru Dalam Mengembangkan Materi Pembelajaran Akuntansi Berdasarkan Kurikulum 2004 SMA di Kabupaten Pati

This item was filled under [ Akuntansi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan ekonomi: Studi Kompetensi Guru Dalam Mengembangkan Materi Pembelajaran Akuntansi Berdasarkan Kurikulum 2004 SMA di Kabupaten Pati

Ramsi. 2005. Skripsi ekonomi, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Otonomi pendidikan merupakan kesempatan bagi sekolah untuk meningkatkan kinerja staf pengajar. Guru sebagai staf pengajar diharapkan memiliki kompetensi dalam kegiatan belajar mengajar. Kompetensi guru akuntansi dalam pengelolaan program belajar mengajar akan mengalami perubahan seiring dengan perkembangan dan tehnologi. Kurikulum 2004 sebagai kurikulum baru dalam dunia pendidikan yang dierlakukan pada SMA di Kabupaten Pati. Oleh karena itu harus dikaji kompetensi guru dalam mengembangkan materi pembelajaran akuntansi berdasarkan kurikulum 2004 SMA di Kabupaten Pati. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi guru akuntansi dalam mengembangkan materi pembelajaran akuntansi berdasarkan kurikulum 2004 SMA di Kabupaten Pati.

Populasi dalam penelitian ini adalah guru akuntansi SMA di Kabupaten Pati yang berjumlah 28 orang, populasi ini sekaligus sebagai sampel. Variabel yang diteliti yaitu menguasai bahan, mengelola program belajar mengajar, mengelola kelas, menggunakan media/sumber, menguasai landasan kependidikan, mengelola interaksi belajar mengajar, menilai prestasi siswa, mengenal program dan fungsi layanan bimbingan dan penyuluhan, mengenal dan menyelanggarakan administrasi sekolah, memahami prinsip-prinsip dan menafsirkan hasil penelitian penidikan guna keperluan pengajaran. Data diambil dengan menggunakan tehnik kuesioner dan dianalisis menggunakan deskriptif persentase.
Hasil analisis data kompetensi guru akuntansi yang diperoleh dari deskriptif persentase diperoleh 50,2%. Dengan demikian kompetensi guru dalam mengembangkan materi pembelajaran akuntansi adalah kurang mampu. Yang meliputi: kompetensi dalam menguasai bahan menunjukan kategori cukup mampu (62,6%), kompetensi dalam mengelola program belajar mengajar menunjukan cukup mampu (56,9%), kompetensi dalam mengelola kelas menunjukan kurang mampu (47,9%), kompetensi dalam menggunakan media menunjukan kurang mampu (48,6%), kompetensi dalam menguasai landasan kependidikan menunjukan kurang mampu (42,5%), kompetensi dalam mengelola interaksi belajar mengajar menunjukan kurang mampu (48,8%), kompetensi dalam menilai prestasi siswa menunjukan kurang mampu (51,2%), kompetensi dalam memberikan bimbingan menunjukan cukup mampu (52,1%), kompetensi dalam menyelenggarakan administrasi sekolah menunjukan kurang (45,7%), kompetensi dalam memahami prinsip-prinsip dan menafsirkan hasil penelitian guna keperluan pengajaran menunjukan tidak mampu (25,4%) Hal itu disebabkan oleh kurangnya guru dalam menguasai konsep kurikulum secara keseluruhan, keterbatasan sarana prasarana yang menunjang dalam pembelajaran, keterbatasan dana, keterbatasan waktu.
Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu bahwa kompetensi guru dalam mengembangkan materi pembelajaran akuntansi adalah kurang mampu. Saran dalam penelitian ini yaitu Kepala Sekolah agar lebih memperhatikan sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran akuntansi dan juga mengadakan supervisi kepada guru akuntansi untuk mengetahui profesionalisme dalam kegiatan belajar mengajar dikelas. Guru diharapkan meningkatkan kemampuan dalam penelitian bidang ekonomi akuntansi yang dapat meningkatkan mutu pembelajaran.

Download

Studi Kompetensi Guru Dalam Mengembangkan Materi Pembelajaran Akuntansi Berdasarkan Kurikulum 2004 SMA di Kabupaten Pati, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets