STUDI MANAJEMEN MUTU DAN PENGADAAN MATERIAL PADA PERUSAHAAN BETON SIAP PAKAI (READYMIX CONCRETE) DI CV. JATI KENCANA BETON

This item was filled under [ Teknik Sipil ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (29 votes cast)

skripsi jurusan S-1 Teknik Sipil : STUDI MANAJEMEN MUTU DAN PENGADAAN MATERIAL PADA PERUSAHAAN BETON SIAP PAKAI (READYMIX CONCRETE) DI CV. JATI KENCANA BETON

Supriyanto . Skripsi S-1 Teknik Sipil Fakultas TEKNIK Universitas Negeri Semarang.

Beton readymix adalah beton segar yang belum mengalami proses pengikatan dan perkerasan yang diproduksi di batching plant dengan penambahan bahan kimia (admixture). Beton readymix banyak digunakan oleh proyek konstruksi karena keuntungannya, antara lain, tidak memerlukan lokasi proyek yang luas, kualitas dapat terjamin, serta dapat diproduksi dalam volume yang cukup besar dalam kurun waktu yang relatif cepat. Dalam hal yang demikian beton readymix sudah barang tentu dapat menjadi alternatif dalam penyelesaian pengerjaan proyek terutama proyek berskala besar.

Selain keuntungan-keuntungan yang ada beton readymix mampu memberikan harga yang lebih murah dibandingkan beton konvensional karena campurannya yang efisien, disamping itu beton readymix didukung oleh para suplier material yang memberikan harga murah, hal ini disebabkan karena pembelian material dalam volume besar. Dilain pihak para suplier juga terdapat kompetisi/persaingan bisnis antara suplier satu dengan suplier yang lain dalam memberikan harga material semurah mungkin pada pabrik beton readymix yang dimaksudkan agar kemitraan bisnis antara pabrik beton readymix dengan suplier dapat berlangsung.
Mutu menjadi pertimbangan selanjutnya disamping keuntungan-keuntungan yang ada. Apakah mutu dapat terjamin ataukah sebaliknya, hal ini dapat dijelaskan melalui penelitian yang telah dilakukan oleh penulis. Dari hasil penelitian yang dilakukan bahwa beton readymix melalui hasil pengetesan benda uji di laboratorium Jati Kencana Beton pada umur 7 hari ataupun prediksi umur 28 hari serta pada spesifikasi material yang sama pula beton readymix mampu menghasilkan kuat tekan rata-rata yang lebih tinggi jika dibandingkan beton konvensional. Hal ini disebabkan karena mix desain yang baik serta pengerjaan beton dilakukan secara baik pula.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui mix desain yang baik serta pengerjaan yang baik akan dapat menghasilkan beton yang mutunya lebih baik. Dalam kata lain mutu tidak semata-mata di sebabkan oleh banyaknya campuran semen ataupun agregat namun jika dilakukan proses produksi yang baik/benar maka beton yang dihasilkan juga akan mempunyai kuat tekan rata-rata yang tinggi.
Dari analisis yang telah dilakukan dapat di ketahui bahwa untuk kebutuhan beton readymix kurang dari 10 m3 harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan beton konvensional hal ini karena biaya tetap sewa alat yang dibebankan sangat tinggi. Sedangkan untuk kebutuhan beton readymix lebih dari 10 m3 dapat lebih murah, maka pemakaian beton readymix dapat dipertimbangkan jika volumelebih dari 10 m3 disarankan menggunakan beton readymix.

Download

STUDI MANAJEMEN MUTU DAN PENGADAAN MATERIAL PADA PERUSAHAAN BETON SIAP PAKAI (READYMIX CONCRETE) DI CV. JATI KENCANA BETON , 4.9 out of 5 based on 29 ratings
Tagged with: [ ]
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets