Studi Penggunaan Na2EDTA dalam Desorpsi Ion Logam Kobalt (II) pada Kitin terdeasetilasi dari Limbah Cangkang Kepiting Hijau (Scylla serrata) dalam Medium Air

This item was filled under [ Kimia ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan kimia: “Studi Penggunaan Na2EDTA dalam Desorpsi Ion Logam Kobalt (II) pada Kitin terdeasetilasi dari Limbah Cangkang Kepiting Hijau (Scylla serrata) dalam Medium Air”

Dwi Rahmawati Khasanah, 2006. Skripsi kimia, Fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, Universitas Negeri Semarang.

Sebagai alternatif pemanfaatan limbah cangkang kepiting hijau yaitu melalui pengolahan limbah cangkang kepiting menjadi kitin terdeasetilasi yang memiliki potensial untuk mengadsorpsi ion logam Co (II). Selain mudah didapat di alam, penggunaan kitin terdeasetilasi juga hemat karena dapat direcovery menggunakan Na2EDTA sehingga dapat dipakai ulang. Disamping merecovery kitin terdeasetilasi, desorpsi dapat dilakukan untuk memperoleh kembali logam kobalt (II) yang teradsorpsi oleh kitin terdeasetilasi tersebut.

Penelitian dimulai dengan mengkarakteristik kitin terdeasetilasi yang meliputi besarnya %N, derajat deasetilasi dan kadar air. Selanjutnya 1 g kitin terdeasetilasi diinteraksikan dengan larutan ion logam kobalt (II) pada pH 7, waktu kontak 120 menit dan suhu 25º C. Campuran disaring kemudian filtrat dianalisis menggunakan SSA untuk mengetahui banyaknya ion logam kobalt (II) yang tersisa dalam filtrat sehingga ion logam yang teradsorpsi oleh kitin terdeasetilasi dapat dihitung.
Residu dari proses adsorpsi diinteraksikan dengan 25 mL Na2EDTA 0,001 M dengan variasi waktu 40, 50, 60, 80, 100, 120 dan 140 menit pada pH 4. Campuran disaring dan filtrat dianalisis menggunakan SSA untuk mengetahui banyaknya ion logam kobalt (II) yang terdesorpsi.
Residu juga diinteraksikan dengan 25 mL Na2EDTA pada pH 4 dan waktu kontak optimum dengan variasi konsentrasi Na2EDTA 0,001 M; 0,01 M; 0,05 M; 0,1 M; 0,25 M; 0,3 M; 0,4 M dan 0,5 M. Campuran disaring dan filtrat dianalisis menggunakan SSA untuk mengetahui banyaknya ion logam kobalt (II) yang terdesorpsi.
Dari hasil penelitian diperoleh besarnya %N adalah 2,02%, besarnya derajat deasetilasi adalah 44,797% dan besarnya kadar air adalah 2,19%. Waktu kontak optimum desorpsi terjadi setelah kitin terdeasetilasi diinteraksikan dengan Na2EDTA selama 100 menit dan % desorpsi yang diperoleh sebesar 61,74 %. Sedangkan konsentrasi optimum Na2EDTA yang diperoleh dalam penelitian ini adalah 0,3 M dengan % desorpsi sebesar 96,4%.

Download

Studi Penggunaan Na2EDTA dalam Desorpsi Ion Logam Kobalt (II) pada Kitin terdeasetilasi dari Limbah Cangkang Kepiting Hijau (Scylla serrata) dalam Medium Air, 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets