SUMBANGAN KEKUATAN OTOT TUNGKAI, KECEPATAN LARI DAN KELENTUKAN TOGOK BADAN TERHADAP HASIL TENDANGAN JARAK JAUH DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA PADA LPSB SSS SEMARANG TAHUN 2007

This item was filled under [ Olahraga ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan PKLO: SUMBANGAN KEKUATAN OTOT TUNGKAI, KECEPATAN LARI DAN KELENTUKAN TOGOK BADAN TERHADAP HASIL TENDANGAN JARAK JAUH DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA PADA LPSB SSS SEMARANG TAHUN 2007

Arif Mukamal, 2007. Skripsi PKLO, Fakultas Ilmun Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang.

Permasalahan yang hendak dikaji dalam penelitian ini adalah : 1) Apakah ada sumbangan antara kekuatan otot tungkai dengan hasil tendangan jarak jauh?, 2) Apakah ada sumbangan antara kecepatan lari dengan hasil tendangan jarak jauh?, 3) Apakah ada sumbangan antara kelentukan togok badan dengan hasil tendangan jarak jauh?, dan 4) Apakah ada sumbangan antara kekuatan otot tungkai, kecepatan lari, dan kelentukan togok badan terhadap hasil tendangan jarak jauh?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sumbangan: 1) Kekuatan otot tungkai dan hasil tendangan jarak jauh, 2) Kecepatan lari dengan hasil tandangan jarak jauh, 3) Kelentukan togok badan dan hasil tendangan jarak jauh, dan 4) Kekuatan otot tungkai, kecepatan lari, dan kelentukan togok badan terhadap hasil tendangan jarak jauh.

Populasi penelitian ini adalah anak yang berlatih di LPSB SSS umur 17 tahun sebanyak 25 orang. Pengambilan sampel penelitian dengan teknik total sampling sehingga seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Variabel dalam penelitian ini yaitu kekuatan otot tungkai, kecepatan lari, dan kelentukan togok sebagai variabel bebas serta hasil tendangan jarak jauh sebagai variabel terikat.
Metode pengumpulan data menggunakan survei dengan teknik tes dan pengukuran. Selanjutnya data yang diperoleh dari tes dan pengukuran tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis regresi.
Hasil analisis data diperoleh koefisien determinasi kekuatan otot tungkai terhadap hasil tendangan jarak jauh sebesar 0,380 dan dari uji F diperoleh Fhitung = 14,095 > Ftabel = 4,28, berarti ada sumbangan kekuatan otot tungkai terhadap asil tendangan jarak jauh dengan besarnya sembangan tersebut 38,0%. Koefisien determinasi kecepatan lari terhadap hasil tendangan jarak jauh sebesar 0,325 dan dari uji F diperoleh Fhitung = 11,094 > Ftabel = 4,28, berarti ada sumbangan ecepatan lari terhadap hasil tendangan jarak jauh dengan besarnya sumbangan tersebut 32,5%. Koefisien determinasi kelentukan togok terhadap hasil tendangan jarak jauh sebesar 0,285 dan dari uji F diperoleh Fhitung = 9,177 > Ftabel = 4,28, berarti ada sumbangan kelentukan togok terhadap hasil tendangan jarak jauh dengan besarnya sumbangan tersebut 28,5%. Koefisien determinasi kekuatan otot lengan, kecepatan lari dan kelentukan togok terhadap hasil tendangan jarak jauh sebesar 0,750. Uji keberartian koefisien korelasi ganda menggunakan uji F diperoleh Fhitung = 9,022 > Ftabel = 3,07, berarti ada sumbangan kekuatan otot lengan, kecepatan lari dan kelentukan togok terhadap hasil tendangan jarak jauh dengan besarnya sumbangan tersebut 56,3%.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa ada sumbangan antara kekuatan otot tungkai, kecepatan lari dan kelentukan togok dengan hasil tendangan jarak jauh. Mengacu dari hasil tersebut penulis dapat mengajukan saran yaitu : 1) Hal utama yang harus dilakukan oleh pemain sepakbola agar memiliki hasil tendangan jarak jauh yang baik adalah dengan meningkatkan kekuatan otot tungkainya, 2) Selain kekuatan otot tungkai, seorang pemain sepabola juga perlu meningkatkan kecepatannya dalam mengayunkan kaki saat menendang melalui latihan lari sprint, maupun bentuk latihan yang lain secara terprogram dan terencana, dan 3) Selain memperhatikan unsur kondisi fisik pada tungkai, seorang pemain hendaknya juga memperhatikan kelentukan togoknya, sebab dalam pelaksanaan menendang bola jarak jauh harus dilakukan dengan posisi badan condong kedepan untuk mendapatkan sudut tendangan yang sesuai dengan tujuan menendang.

Download

SUMBANGAN KEKUATAN OTOT TUNGKAI, KECEPATAN LARI DAN KELENTUKAN TOGOK BADAN TERHADAP HASIL TENDANGAN JARAK JAUH DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA PADA LPSB SSS SEMARANG TAHUN 2007 , 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets