Sumbangan Pengelolaan Sumberdaya Hutan Besama Masyarakat Terhadap Pendapatan Penduduk Desa Hutan diResort Polisi Hutan (RPH) Tengger Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kebonharjo Kabupaten Rembang.

This item was filled under [ geografi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (113 votes cast)

Skripsi jurusan geografi: Sumbangan Pengelolaan Sumberdaya Hutan Besama Masyarakat Terhadap Pendapatan Penduduk Desa Hutan diResort Polisi Hutan (RPH) Tengger Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kebonharjo Kabupaten Rembang.

Heny Sri Wahyuni Setiyoningrum. 2005.Skripsi jurusan geografi, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Hutan merupakan aset negara yang harus diperhatikan keberadaannya, kuantitasdan kualitas sumberdaya hutan di Indonesia berubah sangat cepat dan terusmemburuk dari tahun ke tahun, Ini disebabkan oleh praktik penebangan tanpa izin(Ilegal Logging), perambahan, peladang berpindah, kebakara hutan. Untukmengatasi kondisi tersebut Pehutani meluncurkan program pemberdayaanmasyarakat yang dikenal dengan PHBM.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) seberapa besar sumbangankegiatan pengelolaan sumberdaya hutan bersama masyarakat terhadap pendapatan pendudukdesa hutan di RPH Tengger KPH Kebonharjo Kabupaten Rembang?, (2) seberapa besarpartisipasi penduduk desa hutan dalam kegiatan pengelolaan sumberdaya hutan bersamamasyarakat di RPH Tengger KPH Kebonharjo Kabupaten Rembang?. Penelitian inibertujuan : (1) ingin mengetahui pendapatan penduduk yang mengikuti kegiatan pengelolaansumberdaya hutan bersama masyarakat di RPH Tengger KPH Kebonharjo KabupatenRembang, (2) ingin mengetahui partisipasi masyarakat dalam kegiatan pengelolaansumberdaya hutan besama masyarakat di RPH Tengger KPH Kebonharjo?. Penelitian inibermanfaat : (1) memberikan gambaran tentang usaha-usaha yang dilakukan LembagaMasyarakat Desa Hutan (LMDH) dalam memanfaatkan lahan hutan, (2) sebagai bahaninformasi kepada para perencana pengambil keputusan dan pihak yang terkait dalammengatasi masalah pelestarian lingkungan hidup khususnya hutan, dan (3) sebagai saranapegembangan ilmu pengetahuan.

Populasi penelitian ini adalah semua penduduk desa hutan yang mengikutikegiatan pengelolaan sumberdaya hutan bersama masyarakat di RPH TenggerKPH Kebonharjo Kabupaten Rembang berjumlah 80 orang, karena jumlahpopulasi kurang dari 100 orang maka digunakan penelitian populasi. Metodepengumpulan data dengan menggunakan metode Obsevasi, metode Intervieu,metode Dokumentasi, metode Kuesioner. Ada dua variabel yaitu variabelPengelolaan Sumberdaya Hutan Bersama Masyarakat atau PHBM dan variabeltentang pendapatan penduduk desa hutan. Analisis data yang digunakan adalahDeskriptif Persentase (DP).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Desa Tengger merupakan daerahpedesaan dengan sebagian besar wilayahnya digunakan untuk area petanian danhutan. Dengan demikian adanya program PHBM dapat meningkatkan pendapatanpenduduk desa hutan di RPH Tengger serta dapat mengurangi tingkat kerusakanhutan dengan menurunnya pencurian kayu hutan.

Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa denganadanya program PHBM di RPH Tengger KPH Kebonharjo Kabupaten Rembangmampu meningkatkan kesejahteraan penduduk di sekitar hutan yang ditunjukkanmeningkatnya pendapatan dari kurang Rp. 10.000,00 menjadi Rp. 10.000,00sampai Rp.15.000,00 perhari kegiatan. Serta menurunnya kerusakan hutan. Sarandalam penelitian ini adalah hendaknya pihak Perhutani dapat memperluas areaPHBM dan meningkatkan penyuluhan-penyuluhan pada masyarakat.

Download

Sumbangan Pengelolaan Sumberdaya Hutan Besama Masyarakat Terhadap Pendapatan Penduduk Desa Hutan diResort Polisi Hutan (RPH) Tengger Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kebonharjo Kabupaten Rembang., 4.8 out of 5 based on 113 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets