Survai Tentang Sistem Pembuatan Jas Pria pada Beberapa Tailor di Kota Semarang Tahun 2006

This item was filled under [ teknologi jasa dan produksi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (31 votes cast)

skripsi jurusan Teknologi Jasa dan Produksi: Survai Tentang Sistem Pembuatan Jas Pria pada Beberapa Tailor di Kota Semarang Tahun 2006

Aliyah Rohmawati 2006, Skripsi Jurusan Teknologi Jasa dan Produksi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang.

Busana merupakan kebutuhan pokok selain pangan dan papan, fungsi dari berbusana adalah sebagai alat pelindung (rasa dingin, panas, gigitan binatang atau serangga), memenuhi syarat kesopanan dan sebagai alat perhiasan. Jas merupakan pakaian resmi untuk pria, biasanya dipakai dalam kesempatan resmi atau pesta perkawinan. Sistem menjahit jas menggunakan sistem semi tailoring dan tailoring , sistem pembuatan jas yang digunakan oleh beberapa tailor pada dasarnya sama namun ada perbedaan yang khusus tetapi hasilnya tetap sama. Sistem Pembuatan Jas Pria pada Beberapa Tailor di Kota Semarang Tahun 2006, yaitu suatu penelitian tentang metode atau cara yang teratur untuk memudahkan proses pembuatan jas pria yang meliputi : perencanaan, pelaksanaan, penyelesaian dan hasil akhir yang dilakukan tailor di kota Semarang tahun 2006. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sistem pembuatan jas pria pada tailor di Kota Semarang tahun 2006. Manfaat dari penelitian ini adalah : 1) Memberikan informasi kepada masyarakat dan khususnya pada tailor tentang pembuatan jas pria, 2) Memberi masukan pada tailor tentang pembuatan jas pria, 3) Menambah pengalaman yang bermanfaat bagi peneliti untuk bekal berwirausaha 4) Memberikan bahan bacaan kepada mahasiswa pendidikan tata busana mengenai sistem pembuatan jas pria di Kota Semarang.

Populasi dalam penelitian ini adalah tailor di kota Semarang yang terdiri atas 16 Kecamatan. Teknik pengambilan sampel yang di gunakan yaitu Purposive sample dengan cara mengambil 30% dari populasi 100 tailor yaitu 30 tailor. Variabel penelitian yaitu sistem pembuatan jas pria pada beberapa tailor di Kota Semarang, terdiri atas empat sub variable yaitu : perencanaan, pelaksanaan, penyelesaian dan hasil akhir. Penelitian ini merupakan penelitian survai. Metode pengumpulan data yaitu observasi non sistematis untuk memperoleh gambaran tentang pembuatan jas pria, wawancara untuk mengungkap sistem pembuatan jas pria. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sistem Pembuatan Jas Pria pada Beberapa Tailor di Kota Semarang Tahun 2006 yang meliputi : Perencanaan antara lain pemilihan model ditentukan pelanggan 100%, jas yang sering dipesan single breasted 66,67%, jenis bahan yang dipakai wool 76,67%, bahan lining satin motif 100%, bahan interfacing tenunan rambut kuda 36,67%, pola yang dipakai sistem sendiri 100%. Pelaksanaan antara lain pembuatan pola langsung diatas bahan 100%, alat pres yang dipakai setrika uap 56,67%. Penyelesaian antara lain pembuatan lubang kancing dan pemasangan kancing menggunakan tangan 70%. Hasil akhir antara lain passen akhir dan pengemasan jas 100%.
Kesimpulan yang dapat diambil bahwa sistem pembuatan jas pria di Kota Semarang yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, penyelesaian dan hasil akhir. Sistem pembuatan jas yang dipakai menggunakan sistem sendiri, tailor pada umumnya memperoleh ketrampilan dari pendidikan non formal. Saran yang diajukan yaitu : 1) Tailor di Kota Semarang sebaiknya meningkatkan pemakaian alat pres yang semula menggunakan setrika uap menjadi mesin pres, 2) Pemakaian bahan interfacing selain tenunan rambut kuda dapat memakai bahan interfacing lain misalnya kufner, laken dan lainnya, 3) Masyarakat diharapkan melakukan penelitian tentang hubungan sistem pembuatan jas dengan omset atau hasil usaha pada beberapa tailor di Kota Semarang.

Download

Survai Tentang Sistem Pembuatan Jas Pria pada Beberapa Tailor di Kota Semarang Tahun 2006, 5.0 out of 5 based on 31 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets