SURVEI MINAT SISWA TERHADAP PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KOTA MAGELANG TAHUN 2007

This item was filled under [ PJKR ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (29 votes cast)

skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi : SURVEI MINAT SISWA TERHADAP PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KOTA MAGELANG TAHUN 2007

Supriyadi, 2007. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2007

Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana minat siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Magelang terhadap pelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah tahun 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Magelang terhadap pelajaran pendidikan jasmani di sekolah tahun 2007.

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Magelang tahun 2006/2007, sebanyak 197 siswa dengan jumlah 6 kelas. Adapun teknik pengambilan sampelnya dengan menggunakan total sampling, sehingga seluruh siswa kelas X yang berjumlah 197 dijadikan obyek penelitian. Variabel dalam penelitian ini yaitu minat siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Magelang dalam mengikuti pelajaran pendidikan jasmani. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survei dan pengumpulan datanya menggunakan angket(kuesioner) yang dianalisis menggunakan statistik deskriptif parametik dengan rumus alfa serta menggunakan program komputer SPSS 12, yaitu merupakan software powerfull yang digunakan untuk analisis statistik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat siswa terhadap Pelajaran Pendidikan Jasmani pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Magelang dalam kategori tinggi yaitu 87,31%. Jika dirinci per indikator maka hasilnya yaitu: indikator sikap 79,19%, indikator keinginan 89,34%, indikator ketekunan 91,37% dan indikator dorongan 83,25%. Hal itu disebabkan oleh faktor intrinsik dari siswa yaitu banyak siswa yang berasal dari daerah pedesaan dimana di lingkungannya mereka tinggal terdapat sarana dan prasarana yang mendukung mereka untuk melakukan aktivitas jasmani setiap hari, seperti lapangan sepak bola, lapangan bola voli. Kondisi tersebut membawa dampak yang signifikan terhadap pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah. Sedangkan 12,69% rata-rata siswa minatnya dalam kategori sedang, hal itu disebabkan sebagian siswa tidak ada waktu untuk melakukan aktivitas jasmani setelah pulang sekolah karena harus mengikuti kegiatan di pondok pesantren. Minat yang tinggi tersebut ditunjukkan juga dari hasil uji chi kuadrat dari setiap indikator yang melebihi nilai chi kuadrat tabel dengan dk=4-1 dan taraf kesalahan 5% yaitu 7.81, yang berarti ada pengaruh yang positif antara minat siswa dengan pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah.
Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa minat siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Magelang terhadap pelajaran pendidikan jasmani dalam kategori tinggi, maka disarankan agar guru pendidikan jasmani lebih kreatif dan inovatif dalam memberikan pelajaran dan pihak sekolah agar menyediakan sarana dan prasarana yang lebih memadai, supaya pembelajaran pendidikan jasmani lebih maju sehingga dapat menghasilkan prestasi yang lebih baik.

Download

SURVEI MINAT SISWA TERHADAP PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KOTA MAGELANG TAHUN 2007, 4.9 out of 5 based on 29 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets