SURVEI MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET DI SMAN 6 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2006/2007

This item was filled under [ Olahraga ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (29 votes cast)

skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi : SURVEI MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET DI SMAN 6 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2006/2007

Galih Wisnu Murdhani , 2006. , Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ,Fakultas Ilmu Keolahragaan , Universitas Negeri Semarang.

Permasalahan dari skripsi ini yaitu: faktor-faktor apa yang mempengaruhi motivasi siswa SMAN 6 Semarang Tahun Pelajaran 2006/2007 pada saat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola basket. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi siswa SMAN 6 Semarang Tahun Pelajaran 2006/2007 pada saat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola basket” .

Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa ekstrakurikuler bola basket SMAN 6 Semarang tahun pelajaran 2006/2007. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling atau seluruh siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bola basket di SMAN 6 Semarang sebanyak 64 siswa.
Pengumpulan datanya dengan menggunakan sistem angket. Angket terdiri dari 36 butir pertanyaan dengan menggunakan uji validitas angket. Dalam penelitian ini teknik untuk menyatakan validitas angket yaitu instrumen dinyatakan valid jika telah diujicobakan dan memenuhi kriteria valid. Reliabel instrumen diuji menggunakan rumus korelasi alpha yang hasilnya adalah 11 r = 0, 893 > tabelr = 0,367 dengan N= 30, a = 5% yang berarti reliabilitasnya tinggi.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dari ketiga komponen tersebut motivasi terkuat adalah komponen motif-motif objektif sebesar 82,23 %, secara berurutan disusul oleh komponen motif-motif darurat sebesar 81,08 %, dan berikutnya komponen kebutuhan-kebutuhan organik 80,30 %. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa motivasi siswa yang mengikuti kegiatan bola basket SMAN 6 Semarang Tahun Pelajaran 2006/2007 adalah tinggi dengan presentase skor total 74,65%.
Saran yang dapat diberikan adalah perlu adanya motivasi dari guru untuk menumbuhkan minat siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler olahraga bola basket agar peserta ekstrakurikuler mempunyai kemauan yang tinggi untuk berlatih, dan yang kedua perlu adanya motivasi dari pihak sekolah untuk menumbuhkan motivasi dan bakat siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler yaitu berupa sarana dan prasarana.

Download

SURVEI MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET DI SMAN 6 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2006/2007, 4.9 out of 5 based on 29 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets