Tata Cara Pemberian Hak Milik Atas Tanah Negara Di Kantor Pertanahan Kabupaten Tegal

This item was filled under [ hukum dan kwarganegaraan ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (113 votes cast)

Skripsi jurusan Hukum dan Kwarganegaraan: Tata Cara Pemberian Hak Milik Atas Tanah Negara Di Kantor Pertanahan Kabupaten Tegal

Titi Dwiyanti. 2005. Skripsi Hukum dan Kwarganegaraan, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Dalam UUPA Nomor 5 Tahun 1960 pengertian hak milik dirumuskan padapasal 20 ayat (1) yaitu hak milik adalah hak turun-temurun, terkuat dan terpenuh yangdapat dipunyai orang atas tanah dengan mengingat fungsi sosial. Fungsi sosial disiniberarti penggunaan tanah harus disesuaikan dengan keadaan dan sifat dari padahaknya. Untuk melaksanakan pemberian hak milik atas tanah negara agar tidakmenimbulkan berbagai masalah atau sengketa tanah, diperlukan adanya pengaturanyang tegas dan landasan hukum yang kuat dibidang pertanahan. Tanah negara adalahtanh yang langsung dikuasai negara, langsung dikuasai artinya tidak ada pihak laindiatas tanah itu, tanah itu disebut juga tanah negara bebas.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1)Bagaimana tata carapemberian hak milik atas tanah negara di Kantor Pertanahan Kabupaten Tegal? (2)Hambatan-hambatan apa yang dihadapi dalam tata cara pemberian hak milik atastanah negara di Kantor Pertanahan Kabupaten Tegal?

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1)Untuk mengetahuitata cara pemberian hak milik atas tanah negara di Kantor Pertanahan KabupatenTegal (2)Untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi dalam tata carapemberian hak milik atas tanah negara di Kantor Pertanahan Kabupate Tegal.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara,dokumentasi dan kajian pustaka. Sedangkan teknik analisa data yang digunakanadalah analisa data secara kualitatif.

Hasil penelitian menunjukan bahwa, tata cara pemberian hak milik atas tanahnegara di Kantor Pertanahan Kabupaten Tegal melalui beberapa tahap yaitu mulaidari syarat-syarat permohonan hak milik, syarat-syarat pemberian hak milik,pengukuran, pemberian Surat Keputusan hak milik atas tanah negara serta memenuhikewajiban penerima hak atas tanah itu. Sedangkan hambatan yang dihadapi dalamtata cara pemberian hak milik atas tanah negara adalah kurangnya kelengkapan datadari pemohon baik data fisik maupun data yuridis tanah, belum diselesaikannya biayayang dikenakan untuk pemasukan kas negara serta masih adanya sengketa tanah.

Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa tata carapemberian hak milik atas tanah negara di Kantor Pertanahan Tegal sangat penting, halini bertujuan agar lebih mengarah pada tertib dibidang hukum pertanahan. Untuk ituhendaknya lebih meningkatkan usaha-usaha dalam memberikan kesadaran hukumkepada masyarakat khususnya mengenai arti pentingnya tanda bukti hak milik atastanah melalui penyuluhan-penyuluhan.

Download

Tata Cara Pemberian Hak Milik Atas Tanah Negara Di Kantor Pertanahan Kabupaten Tegal, 4.8 out of 5 based on 113 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets