Thermometer Digital Untuk Mengontrol Suhu Ruangan.

This item was filled under [ Teknik elektro ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan teknik mesin: Thermometer Digital Untuk Mengontrol Suhu Ruangan.

SUGIANTO. 2006. Skripsi Teknik Elektro , Fakultas teknik, Universitas Negeri Semarang.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini sangat pesat, sehingga banyak bermunculan peralatan yang tidak lepas dari penggunaan alat listrik. Seiring itu pula diproduksi peralatan-peralatan yang yang berteknologi tinggi untuk pemakaian makin efektif dan efisien, dengan demikian makin sedikit membutuhkan tenaga manusia dan selebihnya digerakkan dengan kontrol listrik otomatis.Pesawat elektronika yang ada dipasaran ada yang analog, ada juga yang digital.

Sensor yang digunakan adalah sensor suhu yang berfungsi untuk mendeteksi suhu/temperatur. Komponen utamanya adalah IC LM 335Z merupakan tranduser yang dikemas dalam bentuk rangkaian terintegrasi yang tegangan keluarannya berbanding linier terhadap perubahan temperatur. Bentuk fisiknya seperti transistor mempunyai tiga kaki yaitu kaki anoda, katoda dan kaki kontrol. Isinya berupa zener yang peka (sensitive) pada temperatur. Keuntungan dari IC LM 335Z adalah mempunyai sensor temperatur yang linier kalibrasinya langsung dalam Celcius, sehingga tidak diperlukan tegangan konstan yang besar dari keluaran skala Celcius. Untuk penguat operasionalnya menggunakan IC type LF 356 dan untuk display seven segment menggunakan IC CA 3161E dan IC CA 3162E. Sedangkan fungsi relay adalah sebagai saklar otomatis untuk menghidupkan kipas angin.
Metode realisasi TA yang digunakan dalam thermometer digital untuk mengontrol suhu ruangan menggunakan sensor suhu adalah metode studi literatur dan uji laboratoris. Metode studi literatur adalah metode yang mempelajari dan mengumpulkan data-data dari referensi yang ada untuk pembuatan alat pada Tugas Akhir (TA). Sedangkan metode Uji laboratoris dilaksanakan tahap pra survey dimana didalam tahap ini dilakukan pengkajian tentang karakteristik komponen-komponen dan bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan alat pada Tugas Akhir (TA).
Berdasarkan hasil pengukuran, analisis hasil pengukuran dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa IC LM 335Z merupakan tranduser temperatur yang dikemas dalam bentuk rangkaian terintegrasi yang tegangan keluarannya berbanding linier terhadap perubahan temperatur.Kinerja alat termometer digital dapat membaca suhu yang ada disekitarnya dengan baik.
Jangkauan penginderaan suhu atau temperatur dapat bekerja dengan baik tapi untuk menurunkan suhu dengan menggunakan kipas angin masih kurang tepat karena untuk menurunkan suhu kurang bekerja dengan baik dan alat ini lebih tepatnya diaplikasikan ke AC (Air Coundisioner) sedangkan kipas angin yang bisa dibuat aplikasinya hanya pada timer atau waktu untuk mengatur hidup dan mati kipas angin dengan mengatur waktunya.
Pembuatan system control berbasis PLC perlu dikembangkan lagi sehingga dapat dilakukan penyempurnaan alat agar bisa menjadi alat perintis bagi alat – alat selanjutnya sehingga dapat mengembangkan jurusan.

Download

Thermometer Digital Untuk Mengontrol Suhu Ruangan., 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets