TINDAK TUTUR ILOKUSI DALAM WACANA KOMIK DI MAJALAH ANNIDA

This item was filled under [ bahasa dan seni ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (31 votes cast)

skripsi Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia : TINDAK TUTUR ILOKUSI DALAM WACANA KOMIK DI MAJALAH ANNIDA

Nelly Yani BP , 2006. , Skripsi Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang.

Komik merupakan bahan bacaan yang sangat menarik, baik bagi anak-anak maupun orang dewasa. Komik juga dapat memberikan pendidikan bagi pembacanya, komik dalam majalah Annida dapat menghibur sekaligus mendidik serta memberikan pengetahuan tentang agama Islam.

Berdasarkan latar belakang tersebut permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu jenis tindak tutur ilokusi apa saja yang digunakan dalam wacana komik di majalah Annida, dan fungsi tindak tutur ilokusi apa saja yang digunakan dalam wacana komik di majalah Annida. Tujuan penelitian ini mendeskripsi jenis tindak tutur ilokusi yang digunakan dalam wacana komik di majalah Annida, dan mengidentifikasi fungsi tindak tutur ilokusi yang digunakan dalam wacana komik di majalah Annida. Dengan penelitian ini, penulis memperoleh manfaat pengetahuan tentang tindak tutur ilokusi baik dari segi jenis dan fungsinya dalam wacana komik di majalah Annida. Selain itu diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat memberikan manfaat terhadap perkembangan bahasa dalam bidang pragmatik pada umumnya dan khususnya tentang kajian tentang kajian tindak tutur terutama kajian tindak tutur ilokusi.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik simak dan tenik catat. Data penelitian ini diperoleh dari tuturan wacana komik majalah Annida dan sumber datanya berupa jenis dan fungsi tindak tutur di majalah Annida mulai edisi tahun 2001 yang terdiri atas dua edisi, tahun 2002 yang terdiri atas sebelas edisi, tahun 2003 terdiri atas tujuh edisi, sedangkan tahun 2004 dan 2005 terdiri atas satu edisi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode heuristik, yaitu jenis tugas pemecahan masalah yang dihadapi penutur dalam menginterprestasi sebuah tuturan atau ujaran, kemudian dipaparkan dengan menggunakan metode informal, yaitu pemaparan data yang berbentuk tuturan dan bukan data yang berupa angka, dan tidak menggunakan tanda-tanda atau lambang-lambang Berdasarkan hasil analisis data, jenis dan fungsi tuturan ilokusi dalam wacana komik di majalah Annida terdapat lima jenis tindak ilokusi dan empat jenis fungsi tindak tutur ilokusi. Kelima jenis tindak ilokusi adalah tindak tutur representatif meliputi menyatakan, mengakui, melaporkan, menunjukkan, dan menyebutkan Direktif meliputi mengajak, meminta, menyuruh, memohon, viiimenyarankan, menantang, memaksa, dan memberikan aba-aba. Komisif meliputi menawarkan, menyatakan kesanggupan, dan berjanji. Ekspresif meliputi mengucapkan terima kasih, mengkritik, menyalahkan, mengeluh, dan memuji, serta isbati yaitu melarang. Empat jenis fungsi tindak tutur ilokusi yaitu kompetitif meliputi meminta dan mengemis, menyenangkan meliputi mengucapkan terima kasih, bekerjasama meliputi mengumumkan dan melaporkan, serta bertentangan meliputi memarahi.
Saran penulis sampaikan bagi pemakai bahasa, peneliti tindak ilokusi, dan pembaca yang tertarik dengan kajian pragmatik, khususnya mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Semarang yang tertarik dengan wacana komik kajian tindak tutur khususnya tindak tutur ilokusi, diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan acuan untuk penelitian selanjutnya terutama yang berhubungan dengan tindak tutur ilokusi.

Download

TINDAK TUTUR ILOKUSI DALAM WACANA KOMIK DI MAJALAH ANNIDA , 5.0 out of 5 based on 31 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets