TINJAUAAN GEOGRAFIS TERHADAP UPAYA PENGEMBANGAN KAWASAN OBYEK WISATA GOA LAWA DI KECAMATAN KARANGREJA KABUPATEN PURBALINGGA.

This item was filled under [ geografi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (111 votes cast)

Skripsi Geografi : TINJAUAAN GEOGRAFIS TERHADAP UPAYA PENGEMBANGAN KAWASAN OBYEK WISATA GOA LAWA DI KECAMATAN KARANGREJA KABUPATEN PURBALINGGA.

Isnaeni Utrik Susanti. 2005. Jurusan PendidikN GEOGRAFI, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang.

Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan dan kelingkungan dalam konteks keruangan. Wisata adalah kegiatan perjalanan atau sebagian dari kegiatan tersebut yang di lakukan secara sukarela, serta bersifat sementara waktu untuk menikmati obyek atau daya tarik wisata. Pariwisata adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan wisata. Pengembangan pariwisata adalah suatu proses yang berkesinambungan untuk melakukan matching dan adjusment antara sisi supply dan demand kepariwisataan yang tersedia untuk mencapai misi yang di inginkan. Begitu juga dengan pembangunan dan pengembangan kepariwisataan harus memperhatikan faktor-faktor geografi baik geografi fisik maupun geografi sosial. Dalam pembangunan dan pengembangan kawasan obyek wisata Goa Lawa, kondisi geografi sekitar obyek wisata menjadi faktor yang sangat penting dalam pelaksanaan pembangunan dan pengembangan kawasaan obyek wisata agar pembangunan dan pengembangan obyek wisata Goa Lawa sesuai dengan tujuan yang ingin di capai. Jadi, permasalahan dalam penelitian ini adalah faktor-faktor geografi apa sajakah yang berperan dalam upaya pembangunan dan pengembangan kawasan obyek wisata Goa Lawa di Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga?

Penelitian ini mengambil lokasi di Desa Siwarak Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor geografis yang mendukung dalam pengembangan obyek wisata. Manfaat dari penelitian ini adalah (1) Memberikan sumbangan bagi pengembanga ilmu geografi , khususnya penegembanngan geografi kepariwisataan dan (2) Sebagai bahan masukan bagi pemerintah (Dinas Pariwisata) untuk menentukan kebijakan-kebijakan dalam bidang pariwisata dengan tetap memperhatikan faktor-faktor geografis di daerah tersebut.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wilayah administrasi desa Siwarak Kecamatan Karangreja.Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan tenik sampel wilayah (area probability sample), sehingga sampel dalam penelitian ini adalah kawasan obyek wisata Goa Lawa. Penelitian ini di lakukan dengan menggunakan metode dokumentasi, angket, observasi, dan wawancara dan analisis data yang di gunakan adalah analisis deskriptif kualitataif untuk mengetahui gambaran faktor-faktor geografis yang mendukung dalam pengembangan obyek wisata Gua Lawa dan analisis kelingkungan (ekologi) untuk mengetahui hubungan antara organisme dengan lingkungannya.

Dari hasil penelitian di ketahui bahwa faktor-faktor geografis yang berperan dalam pengembangan obyek wisata Gua lawa meliputi faktor fisik dan faktor sosial, faktor fisik tersebut meliputi lokasi, kemiringan lereng, iklim, tanah, hidrologi, geologi dan geomorfologi serta flora/ fauna, sedangkan faktor sosial meliputi penduduk, daya tarik, infrastruktur, fasilitas pelayanan, akomodasi, agen pengembang dan modal. Dari faktor-faktor geografi tersebut ada faktor-faktor yang berperan dominan dalam pengembangan obyek wisata yaitu lokasi, faktor iklim, hidrologi, dan kedaan penduduk. Usaha-usaha yang di lakukan oleh Pemerintah Kabupaten Purbalingga dalam pengembangan obyek wisata Goa Lawa adalah pembangunan jalur lingkar untuk menghubungkan obyek-obyek wisata alam di Kecamatan Karangreja dan paket perjalanan wisata satu hari di kabupaten Purbalingga.

Dari penelitian di ketahui potensi-potensi wisata yang dapat di kembangkan di dalam kawasan obyek wisata Goa Lawa antara lain fasilitas kolam renag, taman marga satwa, kebun buah Stroberi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa pembangunan dan pengembangan pariwisata tidak lepas dari faktor-faktor geografi, untuk itu dalam pengembangan obyek wisata Goa lawa Dinas Pariwisata dan pengelola obyek wisata harus memperhatikan faktor-faktor geografi setempat, selain itu perlu adanya kerjasama dengan berbagai pihak yang dapat meningkatkan daya tarik obyek wisata, menambah sarana akomodasi, sarana komunikasi, dan juga menambah koleksi fauna serta mengadakan pelatihan terhadap pemandu wisata agar menjadi profesional dalam
bidang kepariwisataan.

Download

TINJAUAAN GEOGRAFIS TERHADAP UPAYA PENGEMBANGAN KAWASAN OBYEK WISATA GOA LAWA DI KECAMATAN KARANGREJA KABUPATEN PURBALINGGA. , 4.9 out of 5 based on 111 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets