Tinjauan Geografi Ekonomi terhadap Volume Penjualan Industri Syrup

This item was filled under [ geografi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (112 votes cast)

Skripsi jurusan geografi: “Tinjauan Geografi Ekonomi terhadap Volume Penjualan Industri Syrup

Halimah,Ummu. 2004, Skripsi jurusan geografi, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

PT. Kartika Polaswasti Mahardhika yang berada di Desa GubugKecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan merupakan perusahaan syrup yang adadi gubug yang berkembang dengan baik. Faktor apakah yang mendorongperusahaan tersebut dapat berkembang? Melalui penelitian ini dilakukan tinjauangeografi ekonomi berkaitan dengan perkembangan volume penjualan perusahaantersebut.

Permasalahan yang akan diungkap yaitu seberapa jauh peranan lokasi,bahan mentah, tenaga kerja dan pemasaran dalam mendukung perkembanganvolume penjualan PT. Kartika Polaswasti Mahardhika? Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui seberapa jauh peranan lokasi, bahan mentah, tenaga kerja danpemasaran dalam mendukung perkembangan volume penjualan PT. KartikaPolaswasti Mahardhika.

Objek penelitian ini adalah Industri Syrup PT. Kartika PolaswastiMahardhika. Variabel yang diteliti yaitu: bahan baku, tenaga kerja, pemasaran danlokasi sebagai variabel bebas dan volume penjualan sebagai variabel terikat. Datadiambil menggunakan metode observasi dan wawancara. Data dianalisismenggunakan teknik deskriptif eksplorasi, deskripsi kualitatif dan analisis regresi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan baku secara signifikanmempunyai peranan yang mendukung perkembangan volume penjualan PTKartika Polaswasti Mahardhika. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis regresiantara biaya bahan baku dengan volume penjualan diperoleh thitung 7,051 denganprobabilitas 0,002 < α = 0,05. Bahan baku mempunyai hubungan yang sangatkuat dalam mendukung perkembangan volume penjualan perusahaan yangmencapai 30,66%%. Bahan baku merupakan bahan utama untuk proses produksi.

Tanpa adanya bahan baku maka proses produksi akan berhenti dan perusahaanmengalami kerugian. Tenaga kerja yang digunakan secara finansialmenguntungkan perusahaan, sebab upah tenaga kerja untuk daerah Gubug tidakterlalu tinggi. Tenaga kerja merupakan sumber daya manusia yang sangatmenentukan proses berlangsungnya perusahaan. Dengan peningkatan jumlahtenaga kerja ternyata berpengaruh terhadap peningkatan volume penjualan. Hal inidapat dilihat dari hasil analisis regresi antara jumlah tenaga kerja dengan volumepenjualan yan diperoleh thitung sebesar 7,073 dengan probabilitas 0,002 < α = 0,05.

Tenaga kerja dalam mendukung perkembangan volume penjualan perusahaansebesar 30,66%. Pemasaran mempunyai peranan yang penting dalam mendukungperkembangan volume penjualan PT. Kartika Polaswasti Mahardhika di DesaGubug Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan, sebab dengan adanya perluasanpemasaran secara langsung akan meningkatkan volume penjualan. Hal ini dapatdilihat dari hasil analisis regresi antara biaya pemasaran dan volume penjualanyang diperoleh thitung sebesar 19,142 dengan probabilitas 0,000 < 0,05. Besarnyakontribusi pemasaran ini mencapai 32,75%. Lokasi PT. Kartika PolaswastiMahardhika di Desa Gubug Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan cukupstrategis yaitu terletak di dekat jalan raya yang menghubungkan kota Semarangdan Purwodadi. Berdasarkan hasil analisis perbandingan antara biaya transportasi,biaya produksi dan volume penjualan menunjukkan bahwa dari tahun 1998-2003,perusahaan tersebut mengalami keuntungan. Peranan lokasi terhadap volumepenjualan mencapai 5,93%.

Pemasaran mempunyai andil yang besar dalam memajukan perusahaan,oleh karena itu memperluas daerah pemasaran dengan mengenalkan produk lewatmedia cetak maupun media elektronik. Bahan baku mempunyai peranan yangpenting dalam memajukan perusahaan, oleh karena itu pihak perusahaanhendaknya lebih menjaga kualitas bahan baku, sehingga produk yang dihasilkanlebih disukai masyarakat. Ditinjau dari tenaga kerja yang digunakan, perlumenambah tenaga kerja khusus bidang pengawasan mutu produksi yang berasaldari lulusan teknik pangan, sehingga diharapkan mampu menaikkan tingkatkesukaan masyarakat dan akhirnya volume penjualan dapat lebih meningkat.Interaksi antara manusia satu dengan kelompok manusia lain sebagaiprodusen dan konsumen beserta barang- barang yang diperlukan, menunjukkanadanya gerakan (movement). Nilai gravitasi dan interaksi keruangan diantara duaregion, yaitu antara lokasi perusahaan syrup PT. Kartika Polaswasti Mahardhikadi desa Gubug dengan lokasi pemasaran produk syrup PT. Kartika PolaswastiMahardhika didapatkan bahwa nilai interaksi paling tinggi di Kota Kudus (I=2,89)Dikarenakan kota Kudus mempunyai lokasi yang sangat strategis sekaligussebagai kota pusat industri

Download

Tinjauan Geografi Ekonomi terhadap Volume Penjualan Industri Syrup, 4.8 out of 5 based on 112 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets