Tinjauan Yuridis Tentang Pelaksanaan Perjanjian SewaMenyewa Rumah Di Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan

This item was filled under [ hukum dan kwarganegaraan ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (112 votes cast)

Skripsi jurusan Hukum dan Kwarganegaraan: Tinjauan Yuridis Tentang Pelaksanaan Perjanjian SewaMenyewa Rumah Di Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan

Sri Widiarti. 2005. Skripsi Hukum dan Kwarganegaraan, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Adanya pertumbuhan penduduk yang tinggi, mengakibatkan banyakpenduduk yang kekurangan tempat tinggal. Di sisi lain ada penduduk yangkelebihan tempat tinggal. Bagi mereka yang kelebihan tempat tinggal, merekamenyekan rumah – rumah tersebut kepada orang yang membutuhkan. Denganadanya keadaan yang demikian menyebabkan timbulnya perjanjian sewamenyewa rumah.

Permasalahan yang akan diangkat dalam penelitian ini, yaitu : 1.Bagaimanakah prosedur perjanjian sewa menyewa rumah di Kecamatan kesesiKabupaten Pekalongan?, 2. Hukum apa yang digunakan dalam perjanjian sewamenyewa rumah di Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan?, 3. Bagaimana hakdan kewajiban para pihak dalam perjanjian sewa menyewa rumah di KecamatanKesesi Kabupaten Pekalongan?. Penelitian ini bertujuan untuk : 1. Mengetahuibagaimana prosedur untuk mengadakan perjanjian sewa menyewa rumah diKecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan, 2. Mengetahui hukum apa yangdigunakan dalam perjanjian sewa menyewa rumah di Kecamatan KesesiKabupaten Pekalongan, 3. Mengetahui hak dan kewajiban para pihak dalamperjanjian sewa menyewa rumah di Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan.

Penelitian ini enggunakan metode penelitian kualitatif, yang dimaksuddengan penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan datadeskriptif berupa kata – kata tertertulis atau lisan dari orang – orang dan perilakuyang dapat diamati. Metode pengumpulan data meliputi: 1. Data sekunder, yaitupenelitian kepustakaan,2. Data primer, yaitu penelitian lapangan, adapun carauntuk memperoleh atau mendapatkan data tersebut, penulis menggunakan cara,yaitu dengan : daftar pertanyaan, observasi langsung, wawancara bebas terpimpin.Metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis datakualitatif interaktif yang terdiri dari tiga kegiatan setelah kegiatan pengumpulandata, yaitu : reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa prosedur perjanjian sewa menyewarumah yang biasanya dilakukan oleh masyarakat di Kecamatan Kesesi KabupatenPekalongan adalah dengan diadakannya perundingan terlebih dahulu antara pihakpenyewa dengan pihak pemilik rumah untuk membuat suatu kesepakatan, yaitutentang kesepakatan apakah si penyewa itu jadi menyewa rumah atau tidak. Hakdari pihak yang menyewakan rumah adalah menerima pembayaran uang sewarumah tepat pada waktunya sesuai dengan yang dijanjikannya pada pemilikrumah. Menerima kembali rumah yang disewakan itu dalam keadaan rumah padawaktu seperti rumah itu diserahkan pemilik rumah kepada penyewa rumah.

Sedangkan kewajiban dari pihak yang menyewakan rumah adalah bahwa iaberkewajiban untuk menyerahkan rumah yang disewakan tersebut pada penyewarumah. Serta pemilik rumah juga berkewajiban untuk melakukan perbaikan -perbaikan pada rumah yang disewakan itu. Bahwa pelaksanaan sewa menyewarumah di Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan pada umumnya yaitu dalambentuk akta dibawah tangan dan dilakukan dengan lisan dan tidak dibuat dalamakta notaris. Masyarakat di Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan memilihcara seperti tersebut di atas karena lebih mudah alam pembuatannya dan tidakmemerlukan waktu yang lama serta biaya menjadi murah.Untuk lebih menjamin kepastian hukum perjanjian sewa menyewa rumahharus dibuat secara tertulis dan kalau perlu selain ditandatangani oleh dua orangsaksi dan sebaiknya disahkan atau setidaknya diketahui oleh Kepala Desa atauKelurahan setempat.

Download

Tinjauan Yuridis Tentang Pelaksanaan Perjanjian SewaMenyewa Rumah Di Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan, 4.8 out of 5 based on 112 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets