Tokoh Utama Wanita dalam Pandangan Gender Pada Novel Wajah Sebuah Vagina Karya Naning Pranoto.

This item was filled under [ bahasa dan seni ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan bahasa dan sastra indonesia: Tokoh Utama Wanita dalam Pandangan Gender Pada Novel Wajah Sebuah Vagina Karya Naning Pranoto.

Aprilianto, Heri. 2005. Skripsi bahasa dan sasstra indonesia, Fakultas bahasa dan seni, Universitas Negeri Semarang.

Perkembangan masyarakat yang terus bergerak maju dan pandangan tentang wanita mengalami perubahan-perubahan. Wanita di jaman sekarang ini mulai dipandang sebagai subjek dan bukan lagi sebagai objek. Masalah yang berhubungan dengan wanita terkait dengan gender, yang menyangkut hak, kewajiban, dan tanggung jawab. Pria maupun wanita mempunyai martabat yang sama, keduanya memiliki nilai kemanusiaan yang layak untuk dihargai dan dihormati demi mewujudkan kesetaraan dalam sistem hubungan laki-laki dan perempuan dalam perspektif gender. Novel merupakan salah satu bentuk karya sastra yang digunakan sastrawan sebagai sarana mengangkat masalah dalam kehidupan sehari-hari. Demikian juga dalam mengangkat masalah yang berhubungan dengan wanita, novel dijadikan sarana yang baik, karena mudah dipahami oleh pembaca. Hal ini yang menjadi salah satu alasan pemilihan novel sebagai objek penelitian.

Salah satu novel yang bermuatan gender adalah novel Wajah Sebuah Vagina karya Naning Pranoto. Novel tersebut adalah gambaran nyata kaum perempuan yang diperlakukan tidak adil dalam masalah kesetaraan gender. Berdasarkan hal tersebut di atas masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah bagaimanakah watak tokoh utama wanita novel Wajah Sebuah Vagina karya Naning Pranoto, bagaimanakah jenis gender tokoh utama wanita novel Wajah Sebuah Vagina Karya Naning Pranoto, dan bagaimanakah ketidakadilan gender yang dialami tokoh utama wanita novel Wajah Sebuah Vagina karya Naning Pranoto.
Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah mengungkapkan watak tokoh utama wanita, mengungkap jenis gender, dan mengungkap ketidakadilan gender yang dialami tokoh utama wanita novel Wajah Sebuah Vagina Karya Naning Pranoto.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan objektif. Teknik analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan watak tokoh utama wanita dan teori gender digunakan untuk mengungkap jenis gender dan ketidakadilan gender yang dialami tokoh utama wanita novel Wajah Sebuah Vagina karya Naning Pranoto. Berdasarkan hasil pembahasan dapat diketahui bahwa Sumirah merupakan tokoh utama wanita novel Wajah Sebuah Vagina Karya Naning Pranoto. Penggambaran watak tokoh utama wanita novel Wajah Sebuah Vagina Karya Naning Pranoto menggunakan metode analitik dan dramatik. Tokoh utama wanita novel Wajah Sebuah Vagina Karya Naning Pranoto memiliki sifat mudah tergoda atau dirayu, tidak mudah melupakan kebaikan orang lain, pasrah, menghargai orang lain, tidak ingin orang lain sedih atau khawatir, takut menyinggung perasaan orang lain, dan pekerja keras. Jenis gender yang terlihat dari tokoh utama wanita novel Wajah Sebuah Vagina Karya Naning Pranoto yakni 1) gender difference.2) gender gap. 3) genderization. 4) gender identity.
Ketidakadilan gender yang dialami tokoh utama wanita novel Wajah Sebuah Vagina Karya Naning Parnoto yakni. 1) Ketidakadilan gender yang berupa stereotip perempuan, 2) Ketidakadilan gender yang berupa marginalisasi perempuan, 3) Ketidakadilan gender yang berupa kekerasan terhadap perempuan, dan 4) ketidakadilan gender yang berupa subordinasi pekerjaan perempuan. Saran yang ingin disampaikan adalah agar novel ini menjadi bacaan wajib bagi para perempuan karena di dalamnya banyak mengandung bentuk-bentuk ketidakadilan gender, diharapkan kaum perempuan dapat membawa aspirasi pembelaan kaum perempuan dalam persamaan gender. Dalam dunia sastra dan pendidikan, diharapkan novel ini menjadi acuan dalam berapresiasi dan berperilaku karena didalamnya benyak mengajarkan tentang kemanusiaan, yaitu dalam wujud pembelaan persamaan gender antara laki-laki dan perempuan yang sangat berguna bagi pengetahuan dan pendidikan.

Download

Tokoh Utama Wanita dalam Pandangan Gender Pada Novel Wajah Sebuah Vagina Karya Naning Pranoto., 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets