Transformasi Nilai Sosial dan Etika Politik Warga Desa Makamhaji Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo dalam Era Reformasi Tahun 1999 – 2004

This item was filled under [ sejarah ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (111 votes cast)

Skripsi jurusan sejarah: Transformasi Nilai Sosial dan Etika Politik Warga Desa Makamhaji Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo dalam Era Reformasi Tahun 1999 – 2004.

Heni Sri Hastuti. 2005. Skripsi jurusan sejarah, Fakultas ilmu sosial, Universitas Negeri Semarang.

Wacana politik yang saat ini sedang berkembang terutama di Desa MakamhajiKecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo dalam era reformasi perlu dikaji dandicermati karena adanya indikasi gejolak politik dalam masyarakat.Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah sejauh manaperubahan nilai sosial dan etika politik warga Desa Makamhaji Kecamatan KartasuraKabupaten Sukoharjo dalam era reformasi tahun 1999 – 2004.

Tujuan penelitian adalah (1) Untuk mengetahui sejauh mana trasformasi nilaisosial di desa Makamhaji (2) Mengetahui etika politik yang dilakukan warga DesaMakamhaji (3) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi nilai sosial danfaktor-faktor yang mempengaruhi etika polpitik warga Desa Makamhaji.

Manfaat penelitian adalah (1) Teoritik yaitu membantu memberikan informasibagi khalayak, (2) Praktis yaitu membantu masyarakat dalam upaya memajukanpembangunan dan meningkatkan partisipasi masyarakat.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Dalampengumpulan data, teknik yang digunakan adalah (1) Observasi, (2) Wawancara,(3) Dokumentasi, (4) Studi kepustakaan. Sedangkan analisis data yang digunakanadalah dengan pendekatan kualitatif yang interaktif fungsional.

Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan nilai sosial dari sebagianwarga Desa Makamhaji sejalan dengan adanya reformasi. Perubahan nilai sosial inidapat dilihat dari penyelesaian masalah-masalah yang terjadi, adanya aksi bersama,adanya tanggapan terhadap sistem politik serta kepercayaan terhadap orang lain. Daribeberapa partisipasi politik yang dilakukan oleh masyarakat , penelitian menunjukkanadanya etika politik dari sebagian kecil warga Desa Makamhaji yang tidak sesuaidengan etika-etika Pancasila. Faktor yang berpengaruh terhadap politik warga desaadalah kurangnya pemahaman tentang etika politik, faktor pendidikan serta suasanabatin masyarakat. Serta kurangnya pemahaman tentang cara-cara penyampaianpendapat sebagaimana diatur dengan Undang – Undang.

Kesimpulannya adalah (1) Bahwa nilai-nilai sosial warga Desa Makamhajitelah berubah seiring dengan perubahan nilai-nilai sosial nasional. Bentuk nilai sosialyang ada tidak terpola pada satu bentuk saja melainkan gabungan dari ketiga bentuknilai yang ada yaitu nilai sosial parakial, kaula dan partisipan, (2) Etika politik yangdilakukan oleh sebagian warga dalam menyampaikan aspirasi politiknya belummencerminkan etika yang baik sebagaimana yang diatur dalam Undang-Undang danetika Pancasila, (3) Nilai sosial warga Desa Makamhaji dipengaruhi faktor adanyareformasi nasional, pemahaman tentang hak asasi manusia, semakin meningkatnyapendidikan masyarakat, media informasi dan komunikasi serta mobilitas pendudukdari kota ke desa, (4) Faktor yang mempengaruhi rendahnya etika politik warga DesaMakamhaji adalah rendahnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat terhadap caracaramenyampaikan pendapat sebagaimana diatur dalam Undang-Undang.

Dalam penelitian ini, penulis menyarankan bahwa agar tidak terjadi gejolakpolitik yang negatif dari masyarakat Desa Makamhaji, maka dalam mengambilkebijakan-kebijakan politik pemerintahan Desa Makamhaji harus melibatkanmasyarakat desa secara keseluruhan. Hal ini dapat ditempuh dengan cara mengajakseluruh masyarakat untuk mengadakan musyawarah secara mufakat baik secaralangsung maupun perwakilan. Selain itu, agar etika politik yang dilakukan olehseluruh warga Desa Makamhaji sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalampancasila, maka perlu adanya sosialisasi tentang cara-cara penyampaian pendapatsesuai dengan apa yang diatur dalam Undang-Undang.

Download

Transformasi Nilai Sosial dan Etika Politik Warga Desa Makamhaji Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo dalam Era Reformasi Tahun 1999 – 2004, 4.9 out of 5 based on 111 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets