UBUNGAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN PENGUSAHA TAILOR DENGAN MANAJEMEN USAHA BUSANA DI KECAMATAN UNGARAN KABUPATEN SEMARANG

This item was filled under [ teknologi jasa dan produksi ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (29 votes cast)

skripsi teknologi jasa dan produksi busana: HUBUNGAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN PENGUSAHA TAILOR DENGAN MANAJEMEN USAHA BUSANA DI KECAMATAN UNGARAN KABUPATEN SEMARANG

Rina Purwanti, 2006, skripsi teknologi jasa dan produksi busana, Fakultas teknik, Universitas Negeri Semarang.

Usaha tailor adalah usaha jahit menjahit yang menerima pesananpembuatan pakaian. Usaha tailor harus menggunakan manajemen yang baik, agarjalannya usaha lancar serta dapat mencapai tujuan secara efektif dan efisien.Manajemen tersebut meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan,pengarahan, dan pengawasan. Ilmu pengetahuan, keterampilan dan pengalamanmanajemen usaha busana dapat diperolah melalui pendidikan baik pendidikanformal, non formal dan informal. Penelitian ini dilakukan untuk mengungkappermasalahan adakah hubungan antara latar belakang pendidikan pengusaha tailordengan manajemen usaha busana di Kecamatan Ungaran Kabupaten Semarang danberapa besar hubungan antara latar belakang pendidikan pengusaha tailor denganmanajemen usaha busana di Kecamatan Ungaran Kabupaten Semarang. Tujuanpenelitian ini adalah mengetahui ada tidaknya hubungan latar belakang pendidikanpengusaha tailor dengan manajemen usaha busana dan mengetahui seberapa besarhubungan latar belakang pendidikan pengusaha tailor dengan manajemen usahabusana di Kecamatan Ungaran Kabupaten Semarang.

Populasi penelitian adalah pengusaha tailor di Kecamatan UngaranKabupaten Semarang sebesar 38 pengusaha, teknik pengambilan sampelmenggunakan purposive sampling ( sampel bertujuan ), sampel sebanyak 30responden. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah latar belakang pendidikanpengusaha tailor dan variabel terikat adalah manajemen usaha busana. Metodepengumpulan data menggunakan metode observasi untuk mengungkap manajemenusaha busana yang tidak dapat diungkap dalam metode angket. Metodedokumentasi untuk mengetahui jumlah pengusaha tailor di Kecamatan UngarnKabupaten Semarang, serta metode angket untuk mengungkap latar belakangpendidikan pengusaha tailor dan manajemen usaha busana.
Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Dari hasilperhitungan nilai korelasi sebesar r = 0,737 kemudian nilai tersebutdikonsultasikan dengan tabel harga kritik r product moment dengan N = 30 padataraf signifikan 5% diperoleh rtabel = 0,361. rhitung (0,737 > 0,361) rtabel, maka adahubungan antara latar belakang pendidikan pengusaha tailor dengan manajemenusaha busana. Hal ini berarti antara latar belakang pendidikan pengusaha tailorberkorelasi positif dengan manajemen usaha busana di Kecamatan UngaranKabupaten Semarang, sehingga dapat dikatakan bahwa semakin tinggi tingkatpendidikan seorang pengusaha tailor, semakin tinggi pula tingkat manajemensaha busananya. Dari hasil determinasi diketahui sumbangan latar belakangpendidikan pengusaha tailor terhadap manajemen usaha busana di KecamatanUngaran Kabupaten Semarang sebesar 54,31% dan sisanya sebesar 45,69% darifaktor lain yang berkaitan dengan manajemen usaha busana yang tidak diteliti. Halini berarti meningkat atau menurunnya manajemen usaha busana seseorang dapatdijelaskan dalam latar belakang pendidikan yang diperoleh dari pengusaha tailor.Simpulan penelitian ini (1) ada hubungan yang positif antara latar belakangpendidikan pengusaha tailor dengan manajemen usaha busana di KecamatanUngaran Kabupaten Semarang; (2) ada korelasi yang positif karena semakin tinggilatr belakang pendidikan pengusaha tailor, semakin tinggi pula tingkatmanajemen usaha busana di Kecamatan Ungaran Kabupaten Semarang. Implikasidalam penelitian ini adalah bagi pengusaha tailor yang memiliki tingkat pendidikanformal rendah dapat meningkatkan pendidikan melalui pendidikan non formal,seperti kursus atau pelatihan menjahit. Bagi pengusaha tailor yang memiliki tingkatpendidikan formal tinggi dan manajemen usaha busana yang sudah baikdiharapkan untuk mempertahankan kestabilan usaha dengan meningkatkanpengetahuan busana atau manajemen melalui mas media.

,

Download

UBUNGAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN PENGUSAHA TAILOR DENGAN MANAJEMEN USAHA BUSANA DI KECAMATAN UNGARAN KABUPATEN SEMARANG, 4.9 out of 5 based on 29 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets