UPAYA GURU UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN PADA SISWA KELAS II SDN SILIWANGI 02 SEMARANG BARAT

This item was filled under [ PGSD ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (32 votes cast)

skripsi Jurusan PGKSD : UPAYA GURU UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN PADA SISWA KELAS II SDN SILIWANGI 02 SEMARANG BARAT

Maryana , 2006. Skripsi. Jurusan PGKSD . Fakultas ILMU PENDIDIKAN . Universitas Negeri Semarang.

Bimbingan belajar merupakan bagian yang sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar dengan tujuan agar siswa dapat memahami diri sendiri, mampu mengatasi masalah/ kesulitan yang dialami siswa tersebut, mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan dapat menyalurkan potensi yang dimilikinya. Alasan pemberian bimbingan belajar karena kesulitan dalam belajar itu termasuk dalam masalah pribadi yang dapat menghambat tujuan pembelajaran.

Pemberian bimbingan belajar siswa, guru perlu memperhatikan hal-hal yang melatar belakangi siswa mengalami kesulitan belajar. Namun dalam praktiknya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa hanya mengulangi materai yang pernah diajarkan, belum dikuasai siswa dan tidak melihat penyebab utama siswa tidak menguasai materi pelajaran itu. Kondisi ini berakibat pada pemecahan kesulitan belajar anak tidak dapat terselesaikan dengan baik. Salah satu langkah awal dalam mengatasi kesulitan belajar tersebut adalah dengan mencari penyebab kesulitan belajar yang dialami siswa mencari solusi pemecahan yang tepat dan mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasi kesulitan belajar yang dialami siswa tersebut.
Kegiatan belajar mengajar merupakan suatu kegiatan yang prosesnya rumit, karena tidak sekedar menyerap informasi dari guru, tetapi melibatkan berbagai kegiatan maupun tindakan yang harus dilakukan terutama bila 2diinginkan hasil belajar yang lebih baik. Salah satu cara meningkatkan hasil belajar adalah mengatasi kesulitan belajar yang dialami oleh siswa.
Mengatasi kesulitan belajar yang dihadapi siswa melalui pemberian bimbingan belajar merupakan bagian tugas guru sebagai pendidik. Hal ini sejalan dengan Fetty Kartikawati (1977) mengemukakan bimbingan adalah suatu proses pemberitahuan yang terus menerus dan sistematis dari pembimbing kepada yang dibimbing agar tercapai kemandirian dalam pemahaman diri, Penerimaan diri, pengarahan diri dan perwujudan diri dalam mencapai tingkat perkembangan yang optimal dan penyesuaian diri dengan lingkungan.

Download

UPAYA GURU UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN PADA SISWA KELAS II SDN SILIWANGI 02 SEMARANG BARAT, 4.8 out of 5 based on 32 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets