Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Implementasi Model Pembelajaran Berbalik (Reciprocal Teaching) Pokok Bahasan Luas dan Keliling

This item was filled under [ Matematika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (110 votes cast)

Skripsi Pendidikan matematika : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Implementasi Model Pembelajaran Berbalik (Reciprocal Teaching) Pokok Bahasan Luas dan Keliling

SUPARTINI . 2005., Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas MIPA. Universitas Negeri Semarang.

SD Pogalan III, tempatnya adalah di pelosok desa, sehingga sebagian besar masyarakat di Pogalan ini sebagai buruh tani dan umumnya juga berpendidikan rendah, menikah di bawah umur, sehingga kecerdasan siswa terganggu oleh keadaan ekonomi yang kurang menunjang. Perhatian orang tua terhadap anaknya juga tidak dipedulikan. Anak setelah pulang dari sekolah, hanya disuruh membantu orang tuanya mencari kayu bakar, merumput dan lain-lain. Sehingga hasil belajar siswa di SD Pogalan III ini relatif rendah.

Berdasarkan uraian pada latar belakang masalah di atas maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut. Apakah melalui pembelajaran berbalik (reciprocal teaching) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan luas dan keliling pada siswa kelas V SD Pogalan III Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2004/2005. Tujuan penelitian kelas ini adalah untuk mengenalkan implementasi model pembelajaran berbalik (reciprocal teaching) dan untuk meningkatkan hasil belajar matematika, agar tujuan pembelajaran tercapai melalui kegitan belajar mandiri.

Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Pogalan III Pakis Magelang, guru kelas V dan seorang guru sebagai pengamat. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 3 (tiga) siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu erencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Tolok ukur keberhasilan yaitu jika hasil belajar meningkat dengan indikator daya serap lebih dari 70% dan nilai ketuntasan 7,5.

Dari hasil pengamatan atas tindakan pembelajaran pada siswa kelas V SD Pogalan III Pakis Magelang pada pokok bahasan luas dan keliling, hasil belajar yang dicapai sebagai berikut. Siklus I ketuntasan individual 65% dan ketuntasan kelas 60%, nilai rata-rata 6,8. Siklus II ketuntasan individual 70% dan ketuntasan kelas 72%, nilai rata-rata 7,2. Siklus III ketuntasan individual 79% dan ketuntasan kelas 72%, nilai rata-rata 8,4 dan rata-rata keaktifan siswa siklus 1 2,25, Siklus II 3,0, siklus III 3,2 dan rata-rata skor kegiatan guru siklus I, 2,8, siklus II 3,0, siklus III 3,2. Simpulan yang diperoleh setelah dilaksanakan penelitian tindakan kelas adalah implementasi model pembelajaran berbalik dapat meningkatkan hasil belajar pokok bahasan luas dan keliling pada siswa kelas V SD Pogalan III Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2004/2005. Karena dengan siswa menemukan sendiri, merangkum, dan mengeluarkan pendapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa. Saran yang dapat direkomendasikan adalah diharapkan guru kelas V dalam mengajarkan matematika khususnya pada pokok bahasan luas dan keliling menggunakan model pembelajaran berbalik (reciprocal teaching).

Download

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Implementasi Model Pembelajaran Berbalik (Reciprocal Teaching) Pokok Bahasan Luas dan Keliling, 4.8 out of 5 based on 110 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets