Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III G SMP Negeri 1 Ketanggungan Brebes pada Pokok Bahasan Operasi pada Bentuk Aljabar Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya dalam Kelompok Kecil

This item was filled under [ Pendidikan Matematika ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (30 votes cast)

skripsi jurusan pendidikan matemtaika: “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III G SMP Negeri 1 Ketanggungan Brebes pada Pokok Bahasan Operasi pada Bentuk Aljabar Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya dalam Kelompok Kecil”

Riyono, 2006, Skripsi pendidikan matemtaika, Fakultas matematikia dan ilmu pengetahuan alam, Universitas Negeri Semarang.

Alasan pemilihan judul adalah berdasarkan pengalaman guru kelas III G SMP Negeri 1 Ketanggungan Brebes, ternyata hasil ulangan untuk pokok bahasan Operasi pada Bentuk Aljabar setiap tahunnya rata-rata berkisar antara 5,4. Di samping itu pokok bahasan Operasi pada Bentuk Aljabar sering muncul dalam tes semester atau Ujian Nasional, sedangkan pemahaman siswa terhadap pokok bahasan ini sangat rendah, maka masalah tersebut perlu segera diatasi.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu adanya penelitian tindakan kelas, di mana tujuan penelitian adalah sebagai berikut.

1. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III G SMP Negeri 1 Ketanggungan Brebes Tahun Pelajaran 2005/2006 pada pokok bahasan Operasi pada Bentuk Aljabar.
2. Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas III G SMP Negeri 1 Ketanggungan Brebes Tahun Pelajaran 2005/2006.
3. Untuk memperoleh cara yang tepat dan efektif dalam menerapkan model pembelajaran tutor sebaya dalam kelompok kecil.
Adapun rencana tindakannya adalah mengadakan penelitian di SMP Negeri 1 Ketanggungan Brebes kelas III G sebanyak 3 siklus, sebelum mengadakan penelitian tindakan kelas terlebih dahulu mengadakan perencanaan sebagai berikut.
1. Menyusun rencana pembelajaran
2. Merancang pembelajaran dengan membentuk kelompok belajar siswa.
3. Menentukan kolaborasi dengan teman sejawat sebagai partner penelitian.
4. Membuat lembar observasi.
5. Menyusun evaluasi untuk mengukur ketuntasan belajar.
Selanjutnya mengenai hasil penelitian tindakan kelas adalah sebagai berikut.
1. Pelaksanaan pembelajaran tutor sebaya dalam kelompok kecil ada perubahan dimana pada pertemuan I siswa pasif, pertemuan II siswa mulai aktif, sedangkan pertemuan III semua siswa aktif.
2. Motivasi siswa terhadap materi pelajaran pada pertemuan III baik, jika dibandingkan dengan pertemuan I dan pertemuan II.
3. Hasil belajar siswa berhasil sebab pada siklus III siswa yang nilainya lebih dari 6,5 sebanyak 87%, dengan nilai rata-rata 7,48.
Dari hasil penelitian tersebut di atas, maka dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran tutor sebaya dalam kelompok kecil hasil belajar siswa kelas III G SMP Negeri 1 Ketanggungan Brebes pada pokok bahasan operasi pada bentuk aljabar dapat ditingkatkan.
Saran kepada pembaca bahwa dalam penelitian jumlah siswa tiap kelompok tidak boleh kurang dari 4 dan tidak boleh lebih dari 5 dengan penyebaran menurut tingkat kecerdasan siswa, dan guru selalu memberi bimbingan pada kelompok yang membutuhkan.

Download

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III G SMP Negeri 1 Ketanggungan Brebes pada Pokok Bahasan Operasi pada Bentuk Aljabar Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya dalam Kelompok Kecil, 4.9 out of 5 based on 30 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets