UPAYA PENINGKATAN KETRAMPILAN MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PEMAHAMAN ISI BACAAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TAMBAKAJI 02 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2006/2007”.

This item was filled under [ PGSD ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (28 votes cast)

skripsi jurusan PGKSD : UPAYA PENINGKATAN KETRAMPILAN MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PEMAHAMAN ISI BACAAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TAMBAKAJI 02 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2006/2007”.

EKI YANMIA LESTASARI, 2006, Skripsi PGKSD , FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2006

Ketrampilan membaca siswa kelas V SD Tambakaji 02 Semarang, rendah. Penyebab rendahnya kemampuan membaca itu karena kurang tepatnya guru dalam menggunakan pendekatan pada pembelajaran membaca. pendekatan yang digunakan mengutamakan pada hasil, mengabaikan proses dalam memperoleh hasil, sehingga berakibat kemampuan siswa rendah dalam membaca. berdasarkan hal tersebut masalah dalam penelitian dirumuskan sebagai berikut : “Apakah pembelajaran dengan menggunakan teknik pemahaman isi bacaan dapat meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas V SD Negeri Tambakaji 02 Semarang Tahun Pembelajaran 2006/2007” Tujuan penelitian untuk meningkatkan ketrampilan membaca di SD, khususnya kelas V.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Tambakaji 02 Semarang. Hal ini dilandasi karena pertimbangan di SD tersebut siswanya mengalami kesulitan dalam pembelajaran membaca, wilayahnya dengan mudah dapat dijangkau peneliti, dan terbuka menerima inovasi. Siswa kelas V SD Tambakaji 02 sejumlah 40 siswa, yang akan diobservasi secara khusus dalam penelitian ini adalah : CA, NI, NR, YS, ZB, AW, dan DK. Ketujuh siswa ini dari hasil analisis studi awal pada pembelajaran membaca mengalami masalah.
Metode yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah metode pengambulan nilai. Analisis data dalam penelitian ini adalah melalui pembelajaran membaca yang dilakukan dalam dua tahap. Setelah tahap pertama dilanjutkan tahap kedua. Dari hasil pebelajaran dua tahap tersebut diperoleh berupa peningkatan ketrampilan membaca dengan menggunakan teknik pemahaman isi bacaan pada kelas V SD Tambakaji 02 Semarang yang cukup significan.
Simpulan dari hasil penelitian ini bahwa pembelajaran membaca dengan teknik pemahaman isi bacaan dapat meningkatkan ketrampilan membaca siswa.
Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada guru agar pembelajaran membaca pada siswa kelas V hendaknya menggunakan teknik pemahaman isi bacaan. Kepada siswa perlu dibebaskan menggunakan media pembelajaran yang menunjang pembelajaran yang menggunakan proses membaca.

Download

UPAYA PENINGKATAN KETRAMPILAN MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PEMAHAMAN ISI BACAAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TAMBAKAJI 02 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2006/2007”. , 5.0 out of 5 based on 28 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets