URGENSI BELAJAR MENURUT AL-QUR’AN KAJIAN SURAT AL-ALAQ AYAT 1-5 (Studi Tafsir Ibnu Kastir dan Tafsir Al-Misbah)

This item was filled under [ Pendidikan Agama Islam ]
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (50 votes cast)

Skripsi Pendidikan Agama Islam : URGENSI BELAJAR MENURUT AL-QUR’AN KAJIAN SURAT AL-ALAQ AYAT 1-5  (Studi Tafsir Ibnu Kastir dan Tafsir Al-Misbah).


Oleh :
K A M A L U D I N
NPM. 03.20710.00197
JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS TARBIYAH
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO

ABSTRAKSI

Latar belakang dari penelitian ini adalah melihat kenyataan bahwa Al-Qur’an merupakan Firman Allah SWT. yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. sebagai pedoman bagi manusia dalam menata kehidupannya, agar memperoleh kebahagiaan lahir dan bathin, dunia dan akhirat. Konsep-konsep yang dibawa Al-Qur’an selalu relevan dengan problema yang dihadapi manusia, karena ia turun untuk berdialog dengan setiap umat yang ditemuinya, sekaligus menawarkan pemecahan terhadap problema yang dihadapinya, kapan dan dimanapun mereka berada.
Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui untuk mengetahui urgensi belajar menurut Al-Qur’an kajian surat Al-Alaq ayat 1-5.
Data dari penelitian ini diperoleh melalui pengumpulan data maka dalam penganalisaannya penulis menggunakan kajian pustaka, maka kajian yang dimulai dengan pelaksanaan kepustakaan.
Dari hasil pengolahan data tersebut diperoleh kesimpulan bahwa kandungan dari surat Al-Alq ayat 1-5 adalah : 1). Menurut Tafsir Ibnu Kastir adalah kita diperintahkan agar senantiasa mengadakan penyelidikan terhadap segala suatu yang belum kita ketahui, sehingga kita kuasai, bukti kemurahan Allah SWT. Ialah ia telah mengajari manusia dengan perantaraan Al-Qur’an, 2).Menurut Tafsir Al-Misbah adalah Islam memerintahkan agar kita belajar membaca dan menulis serta mempelajari ilmu pengetahuan demi meningkatkan derajad kita sebagai makhluk Allah yang maha mulia, kita dianjurkan untuk sanggup mengembangbiakkan ilmu pengetahuan yang telah Allah limpahkan kepada kita.

Untuk mendownload silakan klik link di bawah ini

Download di sini

URGENSI BELAJAR MENURUT AL-QUR’AN KAJIAN SURAT AL-ALAQ AYAT 1-5 (Studi Tafsir Ibnu Kastir dan Tafsir Al-Misbah), 4.9 out of 5 based on 50 ratings
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Copyright Notice: Skripsi-skripsi yang dipublikasikan di Pustakaskripsi.com adalah skripsi dengan lisensi boleh dipublikasikan dengan pernyataan Copyright sebagai berikut:
Copyrights : Copyright (c) <Universitas Penerbit>. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Jika anda adalah penulis atau penerbit skripsi ini dan merasa tidak menerbitkan lisensi tersebut, dan merasa keberatan skripsi anda dipublikasikan, silahkan menghubungi admin di admin [at] pustakaskripsi.com. Kami akan dengan senang hati meng-unpublish Skripsi anda.

Sebarkan Ilmu walaupun hanya satu Ayat. Ilmu yang kau bagikan kepada orang lain maka akan semakin bertambah dan berkah.

One Comment on “URGENSI BELAJAR MENURUT AL-QUR’AN KAJIAN SURAT AL-ALAQ AYAT 1-5 (Studi Tafsir Ibnu Kastir dan Tafsir Al-Misbah)”

  • mafrooha
    30 April, 2012, 12:30

    kok ngk bisa dibuka filenya ya??

Leave a Comment

Receive all updates via Facebook. Just Click the Like Button Below

Powered By Blogger Widgets